200 Tangki Air Bersih Disalurkan

Selasa, 08 September 2015 - 08:36 WIB
200 Tangki Air Bersih Disalurkan
200 Tangki Air Bersih Disalurkan
A A A
SOLO - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Pajak (DJP) Jawa Tengah II menyalurkan bantuan 200 tangki air bersih ke sejumlah wilayah yang mengalami bencana kekeringan di Kabupaten wonogiri, Klaten, Boyolalali, dan Sragen.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Yoyok Satiotomo mengungkapkan, bantuan air bersih tersebut merupakan hasil iuran pegawai sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami kekeringan. Menurutnya, saat ini, kekurangan air bersih nyaris merata di seluruh wilayah Jateng.

“Pegawai berbagi rezeki dari gaji yang mereka terima untuk disalurkan dalam bentuk bantuan air bersih bagi daerah-daerah yang kekeringan,” kata Yoyok Satiotomo kemarin. Selain DJP Jateng, dro p ping air bersih juga dilakukan pegawai pajak di lingkungan KPP Pratama di Purworejo, Magelang, Temanggung, Kedu, Banyumas, dan Cilacap.

Dari 200 tangki air bersih, 136 diantaranya telah disalurkan bagi warga Pracimantoro dan Paranggupito di Wonogiri. Penyaluran bersih yang menggandeng PMI Solo ini selanjutnya akan menyasar wilayah Boyolali dan daerah eks Keresidenan Surakarta lainnya yang dilanda kekeringan.

Kepala Markas PMI Solo Tri Wuryanto mengatakan, tahun lalu, sekitar 1.000 tangki air bersih yang didistribusikan untuk mengatasi kekurangan air bersih di sejumlah daerah. Dia mengaku, distribusi tahun ini sempat terhambat lantaran armada tangki air bersih sebelumnya digunakan ke daerah yang mengalami gunung meletus.

“Kami sudah order Jakarta dan datang dua armada. Nanti rencana ada enam armada yang dipakai untuk distribusi air bersih. Mudah-mudahan tahun ini jumlahnya lebih banyak,” ungkap Tri Wuryanto.

Tri mengungkapkan, tahun lalu, distribusi air bersih paling banyak disalurkan ke wilayah Wonogiri disusul Boyolali, dan Sragen. D rop p ing air bersih tersebut akan menggandeng PMI setempat karena mengetahui daerah mana saja yang terjadi kekeringan. Sedangkan PMI Solo tinggal menyesuaikan permintaan dari PMI di wilayah masingmasing.

Ary wahyu wibowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)