Pertamina-Posdaya Panen Lele Perdana

Senin, 07 September 2015 - 08:57 WIB
Pertamina-Posdaya Panen...
Pertamina-Posdaya Panen Lele Perdana
A A A
PALEMBANG - PT Pertamina (Persero) Depot Elpiji Pulau Layang bersama Kelompok Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Sukamaju melakukan panen ikan lele perdana di Desa Sungai Rebo, akhir pekan lalu.

Program budi daya ikan lele ini sendiri merupakan salah satu program corporate social respon - sibility (CSR) yang digulirkan oleh Depot Elpiji Pulau Layang untuk membantu me ning kat - kan perekonomian dan keman - di rian masyarakat di sekitar area operasi perusahaan. Panen perdana ikan lele di la - kukan secara simbolis dengan menangkap ikan bersamasama di salah satu keramba.

Ke - giatan ini pun dilanjutkan de - ng an menimbang berat ikan yang ditangkap untuk dijual. Kelompok Posdaya Su kamaju, di bawah bimbingan dan binaan Depot Elpiji Pulau La - yang yang bekerja sama de ng - an Fakultas Ekonomi dan Bis - nis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah Palembang telah me mu - lai ke gia tan pembudidayaaan ikan lele pada bulan Maret 2015.

Prog ram budi daya ini meliputi pembuatan kolam ikan, pe nyediaan bibit, pelati - han teknik budi daya ikan, pe - nyediaan pa kan ikan, pen-da m - pingan selama masa pemeliharaan hingga pa nen dan pe ma saran hasil panen. Dari total benih sekitar 2.000 ekor, pada tahap pertama ini kelompok Posdaya berhasil memanen sebanyak 30 kilo - gram lele dalam rentang waktu dua bulan untuk tiga kolam masing-masing berukuran 2 m x 4 m.

Menurut perhitungan hingga panen terakhir, ma sya - ra kat mendapat keuntungan sekitarRp2.000.000. Pend apa - t an dari hasil penjualan ini nantinya akan dipergunakan untuk budi daya ikan lele se - lanjutnya. Supervisor Sales and Gene - ral Affairs Depot Elpiji Pulau Layang, Lontar Fluxianto me - ngatakan, pihaknya ber harap masyarakat terus bersemangat dalam menjalani program budi daya ikan lele.

“Semoga ke gia tan ini nantinya dapat men du kung kema - juan d an kese jahte raan masyarakat Desa Sungai Rebo. Na n ti - nya keuntungan yang didapat tidak kembali ke Pertamina tapi digulirkan kembali ke usaha budi daya ini agar terus ber - kembang dan bisa me rangkul lebih banyak lagi ma syarakat yang ingin bergabung menam - bah penghasilan dari budi daya ikan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua K e - lom pok Posdaya, Muhammad Jonni menuturkan, masyara - kat sangat terbantu dengan ada nya bantuan CSR dari Per - tamina. Selain mendapatkan ilmu dan keahlian budi daya ikan, mereka juga menda pat - kan tambahan pendapatan dari kegiatan budi daya tersebut.

“Kami pastinya sangat terbantu dengan program ini. Selain menambah pendapatan, ilmu yang didapatkan dari program bantuan Pertamina ini sangat bermanfaat bagi kami jika nan - ti nya mampu berdiri sendiri mengembangkan usaha budi daya ikan,” pungkasnya.

Iwan setiawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)