Pembobol ATM Tertangkap Lewat Rekaman CCTV

Selasa, 01 September 2015 - 18:42 WIB
Pembobol ATM Tertangkap...
Pembobol ATM Tertangkap Lewat Rekaman CCTV
A A A
BANTUL - Petugas Mapolsek Pleret berhasil menangkap seorang pembobol ATM di Dusun Demangan, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, yang diketahui berinisial S (35).

Pelaku diciduk aparat usai mencuri uang milik tetangganya sendiri Tri Wahyu Arifah Mayasari. Selain mencuri uang, S juga berhasil menguras rekening korban melalui kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Pleret Inspektur Dua (Ipda) Sumarman mengungkapkan, terungkapnya kasus ini bermula dari rekaman CCTV mesin ATM tempat pelaku mengambil tabungan milik korban.

"Berkat rekaman tersebut, S berhasil diringkus meski peristiwa pencurian tersebut sudah lama terjadi. Kami memang cukup lama mendalami. Pelaku sendiri tidak melawan dan mengakui perbuatannya," kata Sumarman, Selasa (1/9/2015).

Awalnya, polisi mendalami kasus pencurian tersebut dari laporan yang dilakukan korban. Karena termasuk curat (pencurian dengan pemberatan), maka pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan hukuman tujuh tahun penjara.

"Kasus pencurian terjadi ketika korban tengah menghadiri ulang tahun rekannya di Dusun Demangan, pada 20 Juni 2015. Ketika korban dan teman-temannya asyik berpesta, pelaku secara iseng membuka jok motor milik korban," jelasnya.

Kepada wartawan, pelaku mengakui, dia awalnya hanya ingin mengambil uang Rp200 ribu di dalam dompet. Karena di dalam dompet ada KTP dan kartu ATM, S lantas mengambil uang dari ATM dengan nomer PIN dari tanggal lahir yang tertera dalam KTP.

Meski coba-coba, namun ternyata dia berhasil menguras saldo milik korban. “Totalnya ada Rp2,8 juta," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)