APBD Hanya Terserap 26%

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 10:56 WIB
APBD Hanya Terserap 26%
APBD Hanya Terserap 26%
A A A
PANGANDARAN - Penyerapan APBD Kabupaten Pangandaran 2015 hanya Rp26% dari total Rp1,2 triliun. Akibatnya, sejumlah kegiatan pada sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) belum juga terlaksana.

Pj Bupati Kabupaten Pangan daran Daud Achmad mengung kapkan, peningkatan serapan dinilainya sangat lamban. Pada Agu stus 2015 saja hanya terserap sekitar 6%. “Dari persentase 20% di Juli 2015, dan Agustus baru terserap 6% berarti hanya 26%, ini termasuk kategori lambat,” kata Daud. Menindaklanjuti hal tersebut, Daud akan mengevaluasi dan mencari permasalahan yang terjadi di setiap SKPD.

“Kami hanya punya waktu empat bulan untuk menyerap anggaran,” tambah Daud. Menurut Daud, belum terlaksananya sejumlah kegiatan itu dikarenakan proses lelang yang belum selesai. Oleh karena itu, Daud mengimbau seluruh dinas hendaknya memahami program yang akan dilaksanakan SKPDnya masing-masing. “Kami targetkan proses lelang pada September sudah selesai, agar daya serap anggaran ber jalan dengan baik,” jelasnya.

Di bagian lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangan daran Mahmud mengatakan, lemahnya penyerapan anggaran menjadi salah satu faktor minimnya sumber daya manusia (SDM), dan padatnya tugas di beberapa SKPD. “Beban kerja di beberapa SKPD sangat berat, sehingga hal ini berdampak pada keterlambatan penyerapan anggaran,” kata Mahmud.

Untuk menyiasati hal ini, pihaknya telah berupaya untuk memperbantukan sejumlah tenaga administrasi di tiga dinas yang dianggap perlu, yakni dinas pekerjaan umum perhubungan komunikasi dan informatika (dispuhubkominfo), dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga (disdikbudpora) dan dinas kependudukan catatan sipil sosial ketenagakerjaan dan transmigrasi (disdukcapilsosnakertrans). “Menjelang APBD perubahan, kami akan perbaiki beberapa kendala yang menjadi permasalahan,” pungkas Mahmud.

Syamsul Ma’arif
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5113 seconds (0.1#10.140)