Kebakaran Hutan Gunung Lawu Meluas

Rabu, 26 Agustus 2015 - 15:21 WIB
Kebakaran Hutan Gunung Lawu Meluas
Kebakaran Hutan Gunung Lawu Meluas
A A A
KARANGANYAR - Kebakaran di hutan Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur semakin meluas. Hingga Rabu (26/8/2015) siang, jumlah petakan lahan yang terbakar terus bertambah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho mengatakan, kebakaran saat ini telah merambat hingga petak 63 H dan mulai mengarah ke petak 63 U. Padahal, pada Selasa (25/8) siang, kebakaran baru sampai di Petak 63 F dan petak 63 G. Banyaknya rerumputan serta ranting yang kering membuat api mudah membesar dan merambat ke petak yang lain.

Ia mengatakan, lokasi petak 63 U berada di balik tebing sehingga cukup menyulitkan tim relawan untuk melokalisir maupun memantau perkembangan api. Namun, pantauan sementara api menjalar ke arah utara atau ke hutan di sekitar Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Sampai saat ini pihaknya mengaku belum bisa memastikan berapa luasan lahan yang terbakar pada kebakaran susulan kali ini. Pemetaan saat ini tidak memungkinkan dan para petugas lebih fokus melakukan upaya pemadaman agar api tidak menjalar ke wilayah yang lebih luas.

Sejumlah relawan gabungan baik dari BPBD, SAR Anak Gunung Lawu, Polisi Hutan dan beberapa komunitas relawan lainnya telah diberangkatkan untuk memadamkan api. Mereka diberangkatkan dari wilayah utara, mengingat saat ini api mengarah ke utara.

Selain itu, para relawan juga telah berusaha melokalisir api dengan cara membuat parit dan menepuk api menggunakan ranting pohon.

"Para relawan saat ini sudah diterjunkan untuk melokalisir api, semoga upaya yang kita lakukan membuahkan hasil," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7080 seconds (0.1#10.140)