Pemprov Banten Siapkan Puluhan Ribu Ekor Hewan Kurban

Senin, 24 Agustus 2015 - 13:58 WIB
Pemprov Banten Siapkan...
Pemprov Banten Siapkan Puluhan Ribu Ekor Hewan Kurban
A A A
SERANG - Menghadapi Hari Raya Idul Adha 1436 H atau lebaran haji, pemerintah Provinsi Banten menyiapkan hewan kurban sebanyak 41.177 ekor.

"Untuk menghadapi Idul Adha tahun ini, kita menyiapkan sapi yang siap dipotong sebanyak 3563 ekor, dengan 2267 untuk persiapan Idul Adha," kata Kepala Distanak Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Senin (24/8/2015).

Eneng menjelaskan, selain sapi, Pemprov Banten juga menyiapkan kerbau hidup sebanyak 9 ribu ekor, kambing sekitar 17 ribu ekor dan domba 17.443 ekor. Dengan jumlah itu dipastikan kebutuhan untuk Kurban masyarakat Banten tercukupi.

"Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban ini, kami mendatangkan dari hewan lokal seperti Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur serta ada juga hewan dari peternak lokal di Banten," ujarnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi penyebaran hewan kurban yang tertular penyakit berbahaya, lanjut Eneng, pihak Distanak di kabupaten dan kota akan memaksimalkan pengeceken kesehatan hewan kurban dari daerah lain dengan disertai surat dari kesehatan setempat.

Ia juga mengharapkan untuk mendukung ketersediaan hewan kurban, pihaknya meminta penyedia hewan kurban dapat bekerjasama untuk mempermudah upaya pemerintah dalam menjamin kebutuhan masyarakat terhadap daging.

"Yang terpenting ketersediaan daging menjelang hari raya Idul Adha nanti dapat terpenuhi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1233 seconds (0.1#10.140)