Terdampar, Hiu Naga Bintang Akhirnya Mati

Minggu, 23 Agustus 2015 - 14:12 WIB
Terdampar, Hiu Naga Bintang Akhirnya Mati
Terdampar, Hiu Naga Bintang Akhirnya Mati
A A A
PANGANDARAN - Seekor ikan hiu jenis naga bintang yang terdampar di perairan pantai Bojongsalawe Desa Karangjaladri, Pangandaran tidak berhasil dievakuasi warga. Hewan yang dilindungi keberadaannya itu hingga akhirnya mati.

Kepala Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Dedi Kurniadi mengatakan, proses evakuasi untuk mengembalikan ikan hiu ke laut yang dilakukan warga gagal. Karena berat badan hiu yang ditaksir 5 ton itu tidak mampu didorong ke laut.

"Setelah hampir seharian hiu dievakuasi warga, bukan malah bergerak ke arah laut, tetapi malah mendarat, hingga beberapa warga yang mencoba mendorong pun terpental oleh tenaga hiu," kata Dedi.

Karena kebingungan, warga akhirnya menghindar dari badan hiu, karena takut terkena goresan badan hiu yang kasar.

"Selang beberapa jam kemudian hiu mati, dan warga pun tambah kebingungan. Sebab apabila mayat hiu dibiarkan ditempat bangkainya akan bau busuk," tambah Dedi.

Namun berdasarkan hasil musyawarah warga menyepakati hiu untuk dibelah dan dibagikan ke warga yang datang untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Sementara Taryo, salah satu warga yang mendapatkan bagian pembagian daging ikan hiu mengatakan, rata-rata warga yang datang mendapatkan bagian 20 kilogram.

"Namun daging yang dibagikan belum juga habis, padahal sudah dibagikan ke warga kurang lebih 350 Kepala Keluarga, hingga sisanya ditawarkan ke desa tetangga," kata Taryo.

Taryo menjelaskan, daging ikan hiu tersebut tidak ada rasanya, seperti makan karet. Hingga beberapa warga memajang daging tersebut di pohon agar dimakan semut merah dan bila sudah ada semut merah dibakar oleh warga.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4749 seconds (0.1#10.140)