Hiu Paus Terdampar di Pantai Bojongsalawe

Minggu, 23 Agustus 2015 - 10:34 WIB
Hiu Paus Terdampar di Pantai Bojongsalawe
Hiu Paus Terdampar di Pantai Bojongsalawe
A A A
PANGANDARAN - Warga Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran dihebohkan oleh seekor hiu paus terdampar di Pantai Bojongsalawe pada Jumat (21/8) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala Desa Karangjaladri Dedi Kurniadi mengatakan, jenis hiu paus yang terdampar berukuran panjang sekitar 4 me ter dan berat 5 ton itu oleh masyarakat setempat biasa di sebut hiu naga bintang. Ikan berukuran ini pemakan ikan kecil, cumi-cumi, plankton, dan ber karakter jinak.

“Hiu tersebut pertama kali di temukan oleh seorang nelayan bernama Raslan yang sedang menarik jaring,” kata Dedi. Setelah hiu mendarat, Raslan memberi kabar kepada warga untuk menyelamatkan nasib hiu agar kembali ke laut. Namun setelah kurang lebih 15 orang mencoba untuk men dorong hiu itu tidak bergeser sedikit pun.

“Sampai pagi ini (kemarin) seki tar pukul 10.00 WIB, hiu masih di tempat semula dan tidak bergeser sedikit pun,” tambah Dedi. Sementara Raslan warga yang menemukan hius paus tersebut mengatakan, warga bingung karena hiu termasuk kategori hewan yang dilindungi dan harus diselamatkan, tapi sulit untuk didorong kembali ke laut lepas.

“Banyak warga yang datang melakukan foto selfie dengan hiu itu,” kata Raslan. Warga telah menghubungi Po lisi Air Polres Ciamis dan Dinas Kelautan Pertanian Kehutanan (DKPK) Kabupaten Pangandaran untuk mencari solusi agar hiu kembali ke habitatnya. Namun instansi terkait itu tidak memiliki alat dan perlengkapan memadai untuk membawa hiu paus ke laut lepas.

Sekadar untuk diketahui, hiu paus memiliki nama Latin, Rhincodon Typusdan dalam Bahasa Inggris disebut Whale Shark. Ikan ini mengembara di sa mudera tropis beriklim hangat dan dapat hidup hingga ber usia 70 tahun. Spesies tersebut dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun lalu.

Hiu naga bintang dapat ber ukuran sangat besar. Ukuran rata-rata hiu paus bisa mencapai 97 meter dengan berat 9 ton. Wikepediamencatat, hiu paus terbesar pernah dite mukan di Pantai Karachi, Pakista pada 11 November 1947 berukuran 1.265 meter dengan berat 21,5 ton, dan lingkar badan 7 meter.

Sebagai pemakan plank ton, ikan kecil, cumi-cumi, dan gang-gang yang diperoleh dengan cara menyaring air laut, hiu paus memiliki mulut berukuran besar mencapai lebar 15 meter. Di dalam mulut itu terdapat 10 lem bar penyaring dan sekitar 300 hingga 350 de ret gigi-gigi kecil. Meskipun berukuran raksasa, hiu paus tak berbahaya. Tak jarang, hewan laut jinak ini membiarkan para penyelam menaiki pung gungnya.

Syamsul ma’arif
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4963 seconds (0.1#10.140)