Lawan Spesialis

Rabu, 12 Agustus 2015 - 06:29 WIB
Lawan Spesialis
Lawan Spesialis
A A A
BANDUNG - PSGC Ciamis sepertinya jadi lawan spesialis uji coba buat Persib Bandung. Klub Divisi Utama Liga Indonesia itu kembali jadi sparing partner Firman Utina dan kawan-kawan yang dijadwalkan digelar di Stadion Galuh, Rabu (19/8) mendatang.

Bukan rahasia umum jika kedua tim selama ini memang memiliki hubungan yang cukup baik. Terutama sejak Maung Bandung dipegang oleh Djadjang Nurdjaman pada Agustus 2012 silam, Persib dan PSGC kerap bertemu dalam laga persaha - batan, termasuk turnamen segitiga di Ciamis, beberapa waktu lalu.

Tapi melawan PSGC bukan sekadar memilih, sebab tim berjuluk Laskar Ciung Wanaraitu dinilai merupakan tim yang levelnya cukup pantas sebagai ujian buat pasukan Maung Bandung. Laga persahabatan medio Agustus ini, juga sengaja digelar guna memanaskan mesin kedua tim sebelum terlibat di turnamen Piala Presiden 2015.

Dengan kata lain, jelas duel uji coba melawan PSGC merupakan sebuah ujian yang memiliki banyak manfaat bagi pasukan Maung Bandungsebelum terlibat di pertandingan-pertandingan resmi, baik turnamen maupun kompetisi sesungguhnya. “Yang pasti menghadapi PSGC me - rupakan sebuah rangkaian persiapan kita sebelum ikut di Piala Presiden. Apalagi mereka (PSGC) juga akan ikut di Piala Presiden. Tapi yang lebih saya pikirkan karena mereka merupakan lawan yang sepadan,” ujar Djanur, kemarin.

Dari statistik pertemuan kedua tim, di atas kertas Persib memang lebih diunggulkan ketimbang PSGC. Setidaknya, dalam lima kali pertemuan, Persib berhasil memenangkan empat laga, dan satu kali hasil imbang. Namun, di laga uji coba kali ini Persib diprediksi akan mengalami kesulitan. Selain tidak lengkapnya komposisi pemain, sebagian besar performa pemain belum mencapai titik terbaik.

Pasalnya sudah hampir tiga bulan lamanya tidak melakukan kegiatan setelah kompetisi ISL 2015 dihentikan. Hal itu tergambar dari penampilan Persib ketika melakoni dua laga uji coba melawan Cilegon United dan PSAD di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, beberapa waktu lalu. Dari kedua uji coba tersebut, Persib hanya mampu menang dengan skor similiar, 1-0. “Jelas, uji coba ini merupakan sebuah ujian bagi semua pemain dan kita akan semakin tahu, sudah sejauhmana kekuatan kita,” tegasnya.

Sementara itu Pelatih PSGC Heri Rafni Kotari menyambut baik rencana Persib untuk kembali menjajal timnya. Baginya duel melawan Persib memiliki peran sangat penting terutama untuk meningkatkan performa tim sebelum mengarungi turnamen Piala Presiden 2015 yang rencananya digulirkan akhir Agustus mendatang. “Kita baru tiga minggu latihan bersama. Persiapan selama dua minggu itu hanya melakukan latihan biasa saja. Yang jelas uji coba nanti untuk melihat sejauhmana level kekuatan tim sebelum Piala Presiden,” kata Heri.

Untuk itu, di laga uji coba nanti pihaknya tidak akan menargetkan skuatnya bisa memenangkan pertandingan. Dirinya hanya ingin melihat perkembangan para pemainnya, terlebih PSGC baru saja mendatangkan beberapa pemain anyar salah satunya, Barep Wahyudi, kiper Barito Putera.

“Kita baru mendatangkan pemain anyar, dari belakang, tengah hingga depan. Tentu ada penyesuaian dan saya berharap mereka (pemain baru) bisa lang sung menyesuaikan diri. Sehingga di Piala Presiden nanti kita bisa lebih siap meski menghadapi tim yang levelnya di atas kita,” pungkasnya.

Muhammad Ginanjar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9291 seconds (0.1#10.140)