Waspadai Efek Domino El Nino

Minggu, 09 Agustus 2015 - 00:02 WIB
Waspadai Efek Domino El Nino
Waspadai Efek Domino El Nino
A A A
YOGYAKARTA - Fenomena El Nino yang dirasakan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi terus terjadi sampai November mendatang. Masyarakat pun diharapkan mewaspadai efek domino El Nino.

"Kita monitor terus perkembangannya. Saat ini pun sudah terasa kan. Fenomena ini akan cenderung menguat hingga Oktober sampai November nanti," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Teguh Prasetyo, Sabtu (8/8/2015).

Dengan terus menguatnya fenomena ini, dampaknya pun dikhawatirkan. Dampaknya bukan hanya kekurangan air bersih. Akan ada efek lainnya seperti ancaman penyakit yang makin makin besar, gagal panen, hingga bencana kebakaran.

"Iya memang dampaknya domino, karena adanya fenomena ini. Berpotensi tanaman padi petani menjadi gagal panen. Itu kan kebutuhan pokok," tuturnya.

Lanjut dia, ancaman penyakit adalah gangguan saluran pernapasan, akibat debu-debu yang bertebaran, terutama di wilayah kota.

"Untuk itu, gunakan masker kalau bepergian. Selain itu juga waspadai kebakaran, karena juga berpotensi dengan cuaca seperti ini," ucapnya.

PILIHAN:
Warga Nganjuk Temukan Dua Air Terjun Baru
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7516 seconds (0.1#10.140)