PKS Nilai Sikap Politik Biasa

Senin, 03 Agustus 2015 - 11:34 WIB
PKS Nilai Sikap Politik...
PKS Nilai Sikap Politik Biasa
A A A
BANTUL - Setelah ditinggalkan oleh Partai Gerindra dan beberapa partai Koalisi Merah Putih (KMP) lainnya, Partai Golkar akhirnya menyatakan dukungannya kepada calon bupati Sri Suryawidati-Misbakul Munir.

Pasangan calon ini diusung oleh PDIP dan Partai NasDem. Pernyataan dukungan tersebut dinyatakan ketika calon incumbent menyambangi kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Tingkat 2 partai berlambang pohon beringin ini. Tim Pemenangan Pilkada DIY dari PKS, Setiya menyambut dingin langkah yang diambil Partai Golkar itu. Meskipun sikap Golkar bertentangan alias bersimpangan dengan pimpinan KMP yakni Partai Gerindra.

PKS sendiri mengambil langkah dengan mendukung pasangan Suharsono-Abdul Halim Muslih karena mengikuti langkah Gerindra. “Gerindra itu ketua KMP di Bantul. Maka PKS merasa harus mengikuti sikap tersebut,”ujarnya kemarin. Tetapi dia tidak menyebut langkah partai Golkar tersebut adalah ketidakkonsistenan partai dengan KMP karena memilih mendukung calon petahana.

Selama ini, calon petahana memang mendapat tentangan keras dari anggota KMP yang menginginkan adanya perubahan di Kabupaten Bantul. Semua pihak harus dewasa dalam berpolitik, termasuk menyatakan dukungannya terhadap calon manapun. Menurut dia, partai jangan hanya memikirkan diri sendiri, apalagi menghakimi pihak lain salah dan dirinya paling benar.

Harusnya semua pihak menjalani kompetisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 ini dengan fair. “Kami berharap pilkada nanti bisa berjalan dengan aman, nyaman dan mengedepankan asas Luber (langsung umum bebas dan rahasia). Sehingga terpilih pemimpin terbaik yang dikehendaki rakyat Bantul,” tambahnya.

Ketua DPD Tingkat 2 Partai Golkar Bantul Agus Subagya mengatakan, antara PDIP dengan Partai Golkar sudah terjalin kerja sama dalam beberapa periode bupati di Bantul. Kerja sama tersebut terbukti saling menguntungkan dan bisa membawa kabuapaten ini lebih baik dibanding sebelumnya. Untuk itulah, pihaknya lantas memutuskan untuk mendukung pasangan petahana yang sejak awal dideklarasikan PDIP, partai suara terbanyak di Bantul.

Sebelum menentukan sikap mendukung petahana, Golkar sebenarnya sudah berkomunikasi dengan kubu Suharsono- Abdul Halim. “Namun karena yang serius dan memiliki itikad baik adalah PDIP, maka kami akhirnya memutuskan mendukung Sri Suryawidati-Misbakul Munir,” klaim Agus. Ketua DPC PDIP Bantul Aryunadi mengatakan sejak 2005, antara PDIP dengan Partai Golkar sudah terjalin kerja sama.

Pihaknya ingin mengajak Golkar mengulang kesuksesan pemerintahan yang selama ini diusung PDIP dengan partai tersebut. Pihaknya ingin membawa Bantul yang lebih baik dibanding saat ini. “Ada sejarah unik antara PDIP dengan Golkar. Kami ingin terus bekerja sama dengan Golkar,” tegasnya.

Erfanto linangkung
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3151 seconds (0.1#10.140)