Wah, Bulan Purnama Ternyata Bisa Memicu Gempa

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 17:15 WIB
Wah, Bulan Purnama Ternyata Bisa Memicu Gempa
Wah, Bulan Purnama Ternyata Bisa Memicu Gempa
A A A
PADANG - Gempa bumi ternyata itu tidak hanya disebabkan oleh faktor alam dalam lempeng bumi semata, namun saat bulan purnama datang atau bulan baru bisa juga menjadi pemicu gempa.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Barat Ade Edwar menuturkan bumi dan bulan itu terjadi gravitasi saling menarik.

"Ketika bulan purnama gravitasi bulan meningkat dan sementara gravitasi bumi menurun, sehingga kalau dari alam terjadilah pasang naik, sebab daya tarik bumi menurun," katanya, Sabtu (1/8/2015).

Begitu juga dengan gempa bumi, kalau ada lempeng bumi yang mengalami kritis atau kegentingan makan peluang gempa bisa saja terjadi.

"Dalam keadaan purnama, daya gravitasi bumi menurun, ini bisa membuat lempeng bumi yang terkunci akan bisa terlepas. Sebab daya tarik bumi itu menurun, tapi kalau saat normal gravitasi bumi menguat dan bisa mengunci lempeng kritis itu," katanya.

Begitu juga soal gempa 9 SR yang diprediksi pakar gempa, peluang terjadi bisa saja, kalau kondisinya masih terkunci saat ini bisa saja terlepas.

"Tapi tidak semuanya purnama bisa memicu gempa tergantung kondisi lempeng bumi saja, kalau sudah kritis bisa memicu gempa tapi kalau masih kuat maka meski purnama tidak bisa memicu gempa," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4737 seconds (0.1#10.140)