Petugas Dishub Kota Bandung Koman Saputra Mendadak Ngetop

Jum'at, 31 Juli 2015 - 11:16 WIB
Petugas Dishub Kota Bandung Koman Saputra Mendadak Ngetop
Petugas Dishub Kota Bandung Koman Saputra Mendadak Ngetop
A A A
BANDUNG - Koman Saputra, begitu nama lengkap pria 59 tahun itu. Dia adalah petugas Dinas Perhubungan Kota Bandung yang sehari-hari berada di Terminal Cicaheum, Kota Bandung.

Berseragam lengkap, Koman bertugas menarik retribusi dari setiap bus yang masuk ke terminal. Selain itu, dia juga bertugas menjaga area parkir sepeda motor di dekat gerbang masuk terminal.

Bagi anda yang sering menyaksikan serial komedi Preman Pensiun yang ditayangkan RCTI, wajah Koman pasti cukup familiar. Dia sering berada satu frame dengan Kang Mus (Epy Kusnandar).

Setiap Kang Mus datang ke Terminal Cicaheum untuk bertemu anak buahnya, sepeda motornya selalu di parkir di area parkir yang dijaganya. Saat itu, Koman biasanya menyapa Kang Mus sambil membantu memarkirkan sepeda motor.

Meski adegannya selalu itu-itu saja, tapi hal itu jadi kebanggaan bagi Koman. Bagaimana tidak, meski bukan artis, dia jadi sering muncul di televisi dalam serial Preman Pensiun.

Di daerah tempat tinggalnya di kawasan Cinunuk, nama Koman pun cukup beken. Sebab selain sebagai Ketua RT, dia kini seolah jadi artis dadakan.

"Jadi ramai di RT saya. Katanya RT 05 mah punya aktor. Istri saya juga sama warga dibilang istri selebriti," ujar Koman, kepada wartawan, Jumat (31/7/2015).

Dia pun tersenyum. Baginya, tak ada angan-angan untuk disebut sebagai artis atau selebritis. Tapi mau tidak mau sekarang sebutan itu melekat pada diri Koman. "Pikaseurieun (lucu), bapak jadi ngetop," ucapnya sambil tersenyum.

Di Terminal Cicaheum, Koman juga jadi salah seorang yang paling dicari. Hampir setiap hari selalu ada orang yang datang ke tempatnya menarik retribusi bus dan menjaga area parkir.

"Saya enggak nyangka saja jadi ngetop. Banyak yang minta foto. Malah ada anak-anak sekolah yang minta tanda tangan," tuturnya.

Dia pun tak keberatan melayani permintaan warga yang ingin berfoto bareng atau minta tanda tangan. Bahkan dia sering jadi sasaran pertanyaan warga soal di mana saja lokasi syuting Preman Pensiun, di Terminal Cicaheum.

Meski begitu, tugas utamanya sebagai petugas Dishub tetap dilaksanakan dengan baik. Sementara untuk tampil di serial tersebut, Koman mengaku tidak mendapatkan gaji. Tapi sesekali sering ada uang saku dari kru Preman Pensiun.

Dia pun bersyukur karena itu jadi pemasukan tambahannya. Disinggung soal proses awal diajak main di serial Preman Pensiun, dia mengaku sama sekali tidak terpikirkan. Saat itu, kru Preman Pensiun tiba-tiba mengajak Koman bermain.

Tugas Koman tetap seperti biasa sesuai dengan pekerjaannya. Bedanya, hanya ada sedikit tambahan adegan bersama Kang Mus.

"Kirain biasa-biasa, ternyata ada kamera. Pas pertama syuting saya keringetan. Tapi sekarang sudah biasa," kata Koman yang merupakan salah seorang petugas paling senior di Terminal Cicaheum.

Dia pun senang jadi bagian dari keluarga besar kru dan artis Preman Pensiun. Apalagi dia bisa kenal dan ngobrol langsung dengan Epy Kusnandar. Para artis dan kru pun cukup berbaur dengannya. "Kru sama artisnya orangnya enak," pungkas Koman.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4917 seconds (0.1#10.140)