Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 300 Meter

Kamis, 30 Juli 2015 - 10:38 WIB
Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 300 Meter
Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 300 Meter
A A A
MALUKU - Gunung Api Gamalama, pagi ini kembali mengeluarkan abu vulkanik berwarna putih tebal setinggi 300 meter, mengarah ke timur laut. Embusan gunung setinggi 1.715 meter ini, berasal dari dua rekahan berbeda, yakni rekahan sebelah barat laut dan sebelah timur laut.

Dari hasil pengamatan Kantor Pusat Vulkanologi dan Metigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Ternate, peningkatan erupsi Gamalama sudah terjadi sejak pukul 01.15 waktu setempat.

"Tercatat masih terjadi gempa tremor embusan secara terus menerus dengan amplitude satu sampai dua milimeter," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Darno Lamane, kepada wartawan, Kamis (30/7/2105).

Ditambahkan dia, gempa embusan dengan aplitude tiga sampai enam milimeter juga terjadi sebanyak empat kali, dan dua kali gempa tektonik lokal amplitude delapan sampai 20 milimeter.

"Serta lima kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo dua sampai 27 milimeter," terangnya.

Akibatnya embusan kali ini, hujan abu tipis dirasakan pada dua kelurahan di Kecamatan Ternate Utara, yakni Tabam dan Tafure. Meski statusnya masih level dua atau waspada, namun warga diimbau tidak mendekati kawah Gamalama dalam radius 1,5 kilometer.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)