Ribuan Warga Meriahkan PBN

Kamis, 30 Juli 2015 - 09:10 WIB
Ribuan Warga Meriahkan...
Ribuan Warga Meriahkan PBN
A A A
PEKALONGAN - Sebanyak 1.100 masyarakat Kota Pekalongan akan memeriahkan Pekan Batik Nusantara (PBN). Mereka akan beraksi dalam karnaval pada PBN tersebut.

“Sebanyak 1.100 itu terdiri dari PNS di SKPD, sekolah, karyawan BUMD, serta masyarakat umum seperti LPM, BKM,” ujar Sekda Kota Pekalongan Dwi Ari saat dihubungi KORAN SINDO kemarin. Menurutnya, segala sesuatu terkait PBN tersebut sudah siap. Sebab, persiapan sudah dilakukan sejak sebulan lalu. “Pekan batikpelanginusantarainisu dah siap. Ini selain rangkaian peringatan HUT RI, juga memberikan kesempatan bagi Pak Wali un tuk berpamitan.

Sebab, beliau akan purna pada 9 Agustus 2015. Selain itu, juga memberikan kesempatan bagi jajaran birokrasi untuk memberikan apresiasi atas pres tasi dan kepemimpinan be liau selama ini,” katanya. Nanti PBN tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pameran ba tik, karnaval, kuliner, pekan inovasi dan kreativitas, pentas seni, dan berbagai kegiatan lainnya. PBN tersebut akan dibuka Rabu (30/ 7) ini oleh Mendikbud Anis Baswedan dan berakhir 3 Agus tus.

“Tema PBN kali ini adalah batik karya adi budaya bangsa jendela ekonomi masyarakat man diri. Maknanya, selainbatik karya bangsa, juga merupakan jendela ekonomi. Sebab, salah satu potensi ekonomi daerah Pekalongan adalah batik. Sehingga ketika mengembangkan batik, juga sebagai potensi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya. Totalnya disediakan sekitar 250 gerai pada PBN tahun ini.

Jumlah itu terdiri atas gerai pameran batik 120 buah, 70 gerai ku liner gratis, dan 30 gerai pesta ku liner pantura oleh Bank Indonesia. “Ada juga stan pameran inovasi 50 buah. Stan kuliner pantura oleh BI itu nantinya dibuat khusus transaksi nontunai. Stan itu juga didukung oleh delapan perbankan yang ada di Kota Pekalongan. Anggaran PBN dari pemkot Rp600 juta, yang lain dari sponsor yang dicarikan oleh EO,” ungkapnya.

Kepala Dishubparbud Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo mengaku peserta lomba karnaval sebanyak 125 peserta. Namun, karnaval tersebut juga akan diikuti oleh pejabat Pemkot Pekalongan. Pihaknya telah melakukan geladi bersih karnaval yang juga sekaligus sebagai penilaian tahap 1 bagi para peserta lomba.

Sementara penilaian tahap selanjutnya dilakukan saat pelaksanaankarnavalyakni2Agus tus. “Penilaian tahap pertama ini kami melibatkan empat orang juri dari dalam maupun luar kota. Hasil penilaian tahap pertama akan digabung dengan penilaian tahap kedua,” ungkap Doyo Budi Wibowo.

Prahayuda febrianto
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9709 seconds (0.1#10.140)