Pilkada Sleman Dipastikan Diikuti Dua Pasang Calon

Selasa, 28 Juli 2015 - 11:03 WIB
Pilkada Sleman Dipastikan Diikuti Dua Pasang Calon
Pilkada Sleman Dipastikan Diikuti Dua Pasang Calon
A A A
SLEMAN - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 9 Desember mendatang dipastikan hanya diikuti dua pasang calon. Kepastian ini, setelah partai-partai pengusung ke dua pasang tersebut secara resmi mendeklarasikan pencalonan.

Dua pasang itu, yakni Sri Purnomo (bupati periode 2010–2015)-Sri Muslimatun (anggota DPRD Sleman periode 2014–2019, dari PDIP) dan Yuni Satia Rahayu (Wakil Bupati Sleman periode 2010–2015)-Danang Wicaksono Sulistyo (Ketua DPP Gerindra, Bidang Informasi Strategis). Bahkan untuk pasangan Yuni-Danang sudah mendaftarkan ke KPU setempat, kemarin.

Sri Purnomo-Sri Muslimatun diusung PAN, NasDem, Golkar, PPP, PKB dan Demokrat. Yuni Satia Rahayu- Danang Wicaksono Sulistyo diusung PDIP dan Gerindra. Sedangkan PKS belum diketahui akan merapat ke mana. Ketua PDIP Sleman Koeswanto mengatakan, untuk PDIP sesuai dengan rekomendasi, sebenarnya yang akan diusung pasangan Yuni-Sukamto (anggota DPRD DIY, dari PKB).

Namun dengan alasan kesehatan, Sukamto menyatakan mundur dari pencalonan tersebut. Karena Sukamto mundur, pihaknya kemudian melakukan rapat internal konsolidasi, akhirnya memutuskan Yuni berpasangan dengan Danang. “Pasangan itu, selanjutnya kami kirimkan ke DPP dan tadi pagi SK rekomendasi turun,” ungkap Koeswanto di sela-sela persiapan pendaftaran pasangan itu ke KPU Sleman, di Kantor DPC PDIP Sleman, kemarin.

Koeswanto menjelaskan, pemilihan Danang sebagai pasangan Yuni juga bukan asal. Sebab sebelumnya sudah ada komunikasi dengan Gerindra untuk kepentingan tersebut. Sehingga saat Sukamto menyatakan mundur, pihaknya langsung menghubungi Danang dan mendapatkan respons positif. Sehingga memutuskan mengusung pasangan itu dalam pilkada.

“Setelah semua oke, hari ini kami memutuskan mendaftarkan pasangan itu ke KPU,” paparnya. Pasangan tersebut, secara resmi pada pukul 14.20 WIB dengan diantar pengurus PDIP serta Gerindra mendaftar ke KPU Sleman dan diterima langsung seluruh komisioner KPU setempat. Sementara itu, lima partai politik, yaitu PAN, Golkar, PPP, NasDem dan Demokrat dipastikan mencalonkan Sri Purnomo- Sri Muslimatun untuk maju dalam Pilkada Sleman mendatang.

Kepastian itu, setelah kelimanya sepakat berkoalisi mengusung pasangan tersebut, kemarin. Kesepakatanituditandai dengan penandatanganan kesepakatan di antara pimpinan partai dan pasangan itu. Sekretaris DPD PAN Sleman Sadar Narima mengatakan, setelah ada kesepakatan ini, rencananya, Selasa (28/7) akan melakukan deklarasi dilanjutkan dengan pendaftaran ke KPU Sleman.

Menurut Sadar, untuk koalisi sendiri kemungkinan akan bertambah. Sebab untuk PKS ada wacana akan merapat ke pasangan Sri Purnomo-Sri Muslimatun. “Selain itu, PBB dan Hanura juga mendukung pasangan ini,” katanya di sela-sela kesepakatan koalisi, kemarin. Baik pasangan Yuni-Danang maupun Sri Purnomo-Sri Muslimatun, keduanya berjanji akan membawa Sleman yang lebih baik lagi dan sejahtera.

Untuk itu, pasangan tersebut meminta doa restu dalam pilkada mendatang. Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi mengatakan, setelah menerima berkas pendaftaran, pihaknya segera melakukan verifikasi dan tes kesehatan bakal calon. Hasil verifikasi akan diumumkan 4 Agustus mendatang.

Priyo setyawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8767 seconds (0.1#10.140)