Masyarakat di Sekitar Tangkubanparahu Diberdayakan

Sabtu, 25 Juli 2015 - 10:34 WIB
Masyarakat di Sekitar Tangkubanparahu Diberdayakan
Masyarakat di Sekitar Tangkubanparahu Diberdayakan
A A A
BANDUNG BARAT - PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) selaku pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu memberdayakan masyarakat dalam menangani membeludaknya pengunjung selama libur lebaran.

Direktur SDM Dan Ke - uangan PT GRPP, Nurlela Selvia Fransisca, yang di da m pingi Koor dinator Lapangan Sa rana dan Prasarana, Roy Fer dinand me ngatakan, dalam meng ha - dapi libur lebaran p i hak nya mem pekerjakan 58 orang tenaga lokal (casual) untuk mem bantu di bagian tiket, hel - per, lalu lintas, out bound dan keamanan.

Mereka diberikan ke sempatan bekerja se lama libur lebaran untuk men da pat - kan penghasilan tam bahan. “Kami utamakan mereka yang bekerja berasal dari wilayah sekitar Tangkuban pa - ra hu,” ucapnya.

Kehadiran mereka, lanjut Nur lela, sangat membantu da - lam memberikan pelayanan kepada pengunjung. Terkait insentif pegawai, diberikan se - suai dengan standar yang ada. ”Tapi bagi mereka yang beban ker janya lebih, di ban ding kan di bagian lain maka di berikan tam bahan,” ujarnya.

Selain memberikan ke sem - pa tan kerja paruh waktu, jelas Nur lela, pihaknya juga meng - akomodir para pedagang mu - siman sebanyak 50 orang. Me re - ka berjualan di sepanjang jalan menuju kawah dan lokasi lain nya bersama dengan 1.100 pe dagang lainnya. “Kami mem fasilitasi agar warga sekitar bisa ber jualan selama libur lebaran,” jelas n ya.

Dampak meningkatnya kunj ungan, jumlah sampah pun me ningkat. Untuk itu pi hak - nya, melakukan pem ber si han dua kali sehari dan pada so re ha - ri nya seluruh bagian ikut ope ra - si bersih (opsih). “Masih banyak pengunjung yang buang sampah sem ba rang - an, padahal sudah di se di a kan tong sampah,” beber Nur lela.

Nurlela menyebutkan, per harinya sampah yang diangkut sebanyak 16 ton dengan meng - gu na kan dua truk sampah. Ra - ta-rata sampah tersebut, be kas makanan dan minuman pa ra pengunjung. “Kami angkut dan dibuang di TPA sampah di Subang,” tuturnya.

Diprediksi pengunjung masih akan ramai datang ke TWA Tangkubanparahu hingga akhir pekan ini. Mengingat, ming gu ini masih masa liburan sekolah. Dirut PT GRPP Putra Ka ban menambahkan pi hak - nya tidak bisa memprediksi dan menargetkan berapa jumlah pengunjung yang datang.

Pihaknya hanya berupaya semaksimal mungkin agar para wisatawan yang datang merasa nyaman dan aman ketika berwisata ke Tangkuban pa ra - hu. Karena itu mulai dari pintu masuk hingga tempat parkir di jaga dan oleh petugas agar keluar masuk kendaraan bisa tertib dan rapi.

Raden bagja mulyana
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)