Bus Terjebak Macet, Ratusan Penumpang Telantar

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:09 WIB
Bus Terjebak Macet,...
Bus Terjebak Macet, Ratusan Penumpang Telantar
A A A
SUMEDANG - Memasuki H+4 Lebaran Terminal Ciakar Sumedang dibanjiri calon penumpang bus dengan tujuan Jakarta.

Pantauan KORAN SINDO, sejak Selasa (21/7)pagi pukul 07.00 WIB ribuan calon penumpang asal Sumedang memadati terminal yangberlokasi di perlintasan Jalan By Pass yang meng hubung kan Cirebon Bandung ini. Kepala UPTD Terminal Ciakar Sumedang Sule Sulaeman mengatakan, minimnya armada bus tujuan Jakarta menyebab kan ratusan penumpang telantar. Armada bus yangberoperasi hari ini (kemarin), lanjut dia, sebanyak 27 bus regular dari PO Medal Sekarwangi dan CBU ditambah satu bus nonregular dari PO Yen.

“Dari total bus yang beroperasi itu memang minim, belum lagi armada bus yang dari Jakarta menuju Sumedang untuk meng angkut penumpang dari Sumedang banyak yang terjebak macet di jalan, sehingga para penumpang, mau tidak mau harus bersabar menunggu bus dan rela antre,” ujarnya di Terminal Ciakar kemarin.

Oleh karenanya, kata dia, guna menjaga ketertiban dan mengantisipasi upaya saling rebut naik bus antar calon pe num pang, pihaknya memberlakukan si st em antre menggunakan kartu bernomor urut. “Untuk hari ini (kemarin) penumpang yang men gambil nomor antrean, sejak pagi, sudah lebih dari 2.000 pe num pang, hampir sama dengan total penumpang yang berangkat sehari sebelumnya pada Senin (20/7).

Jadi bisa dipastikan puncak arus balik penumpang bus tu juan Jakarta di Terminal Ci akar itu pada Selasa (21/7) ini,” ka tanya. Dia berharap, seluruh calon penumpang tujuan Jakarta yang memanfaatkan moda transportasi bus ini bisa terangkut semua. “Dengan fasilitas mushala, tempat tunggu, kantin yang ada di areal terminal, kami berharap para calon penumpang bisa sabar menanti bus tujuan se suai antrean, dan tidak merasa jenuh menunggu,” tuturnya.

Terkait harga tiket bus, dia me mastikan, kenaikannya tidak akan melebihi harga yang telah ditetapkan. “Untuk harga tiket kita pantau terus. Bila ada awak bus yang menaikan harga melebi hi ketentuan, PO- nya akan kita sanksi,” ucapnya.

Sementara itu, hingga siang pukul 14.30 WIB, ratusan calon penumpang masih antre menunggu kedatangan bus. Salah seorang calon penumpang tujuan Jakarta, Dony, 32, warga Sumdang Utara mengaku sudah sejak pukul 08.00 menunggu kedatangan bus sesuai nomor antrean.

“Menunggu sudah sejak pukul 08.00 pagi sampai sekarang (pukul 12.30) belum kebagian bus karena harus menunggu sesuai nomor antrean. Kesel juga, tapi mau gimana lagi, yang lain juga sama pada antre,” katanya.

Aam aminullah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8847 seconds (0.1#10.140)