Pelaku Percobaan Pembakaran Gereja Tinggalkan Pesan Mengancam

Rabu, 22 Juli 2015 - 01:45 WIB
Pelaku Percobaan Pembakaran Gereja Tinggalkan Pesan Mengancam
Pelaku Percobaan Pembakaran Gereja Tinggalkan Pesan Mengancam
A A A
SEMARANG - Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus percobaan pembakaran gereja di RT01/01, Desa Tlepok Wetan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo.

“Masa iya ada kejadian seperti itu terus kami diam saja? Tentu ditindaklanjuti. Kami mengimbau masyarakat tidak terpancing provokasi seperti itu,” kata Liliek, kepada wartawan, Selasa (21/7/2015).

Ditambahkan dia, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Namun dirasakan sangat meresahkan. Pendeta setempat Ibnu Prabowo juga meminta dukungan kepada masyarakat luas agar konflik tidak meluas.

Berdasarkan pengamatan langsung di lokasi, tampak petugas Polda Jawa Tengah berikut Polres Purworejo masih melakukan penyelidikan intensif terkait insiden pembakaran pintu GKJ Tlepok.

Terlihat, pintu depan dan pintu samping sudah terbakar separuh sekira pukul 5.30 Wib, pada Senin 20 Juli 2015. Selain itu, ada juga tulisan bernada provokasi yang isinya, "Pesan Mujahid Atas Tragedi Papua, Papua Bakar Gereja se Jawa".

Sementara itu, Petugas Polsek Gayamsari, Kota Semarang, mengecek keamanan di dua gereja di wilayah hukumnya. Petugas juga melakukan koordinasi dengan pendeta setempat.

Kapolsek Gayamsari Kompol Dili Yanto menyebut, pihaknya sengaja melakukan hal itu untuk mengantisipasi insiden tak diinginkan. Ini juga terkait insiden penyerangan di Tolikara, Papua, dan pembakaran pintu gereja di Purworejo.

“Kami sengaja koordinasi dengan pihak gereja agar tidak termakan isu negatif adanya percobaan pembakaran gereja di Bantul dan Purworejo,” pungkasnya.

Saat melakukan cek, beberapa petugas bersenjata lengkap juga ikut mendampingi. Polisi juga tampak mengecek Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di sana.

“Konflik seperti ini harus direspon cepat. Ini agar memberikan rasa aman dan nyaman umat saat beribadah,” tambahnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7859 seconds (0.1#10.140)