Harga Bahan Pokok Stabil

Rabu, 15 Juli 2015 - 10:53 WIB
Harga Bahan Pokok Stabil
Harga Bahan Pokok Stabil
A A A
KULONPROGO - Sejumlah harga bahan makanan pokok di Kabupaten Kulonprogo terpantau stabil. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY yang memantau di Pasar Wates, hanya menemukan kenaikan harga komoditas daging dan cabai.

Selebihnya cukup stabil. “Belum ada lonjakan harga signifikan, semuanya masih cukup stabil. Jika ada kenaikan, masih wajar,” ungkap Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA), Setda DIY Tri Mulyono, kemarin. TPID akan memantau sejumlah pasar tradisional yang ada di lima kabupaten/kota di DIY.

Ini guna melihat tingkat kenaikan harga dan ketersediaan stok bahan makanan. Beruntung tahun ini masyarakat cukup cerdas dan tidak mudah melakukan aksi memborong. Kondisi ini tidak lepas dari jatuhnya Lebaran yang bersamaan dengan tahun ajaran baru. Karena itu, masyarakat dituntut berpikir rasional dan bisa memilih kebutuhan mendesak. “Jadi, masyarakat fokus ke pendidikan dan hanya membeli sesuai kebutuhan saja,” kata sekretaris TPID DIY ini.

Untuk harga daging sapi saat ini terkerek di kisaran Rp105.000–110.000 per kilogram (kg). Sebelumnya daging sapi hanya Rp98.000–100.000. Lalu, daging ayam naik dari Rp30.000 menjadi Rp32.000, sedangkan harga cabai naik dari Rp25.000 per kg menjadi Rp40.000 baik untuk cabai rawit maupun merah. “Yang lain kenaikan masih wajar dan cenderung stabil.”

Di sisi lain, Tri Mulyono memastikan ketersediaan stok barang kebutuhan aman hingga setelah Lebaran. Bahkan beras, kebutuhan dan ketersediaan jauh melimpah. Stok beras misalnya, di gudang Bulog DIY bisa dipakai memenuhi kebutuhan konsumsi beras hingga empat bulan setelah Lebaran.

Sri Pujiatiningningtyas, warga Kulonprogo, mengaku tidak mempermasalahkan kenaikan harga daging. Kenaikan itu dianggap masih wajar dan tidak menimbulkan persoalan. Setiap Lebaran pasti banyak yang mengonsumsi daging, sehingga harganya dipastikan ikut naik.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5961 seconds (0.1#10.140)