Dari Kelas Biasa hingga President Room

Rabu, 15 Juli 2015 - 10:15 WIB
Dari Kelas Biasa hingga President Room
Dari Kelas Biasa hingga President Room
A A A
SEMARANG - Sejumlah tempat penitipan hewan di Kota Semarang dibanjiri pelanggan menjelang libur Lebaran.

Para pemudik berbondong-bondong menitipkan hewan peliharaannya untuk dipelihara sementara waktu. Di tempat penitipan hewan Griya Satwa Lestari di Jalan Kumudasmoro Utara 17 Pamularsih Semarang, misalnya, keramaian sudah terlihat sejak kemarin. Puluhan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, luwak, maupun hewan lain sudah memenuhi lokasi itu.

“Setiap Lebaran, pelanggan yang menitipkan hewan peliharaannya di sini memang meningkat. Lebaran tahun lalu saja, lebih dari 250 hewan yang dititipkan di lokasi kami. Tak hanya dari KotaSemarang, banyakpula pelanggan dari luar kota seperti Pekalongan, Kabupaten Semarang, dan lainnya,” kata Hedwigus Nico Setiawan, salah satu dokter hewan di Griya Satwa Lestari.

Griya Satwa Lestari memiliki 120 kandang, terdiri atas 41 kandang kucing dan 79 kandang anjing. Kandang juga dibedakan berdasarkan kelas biasa, VIP, maupun president room . Semua hewan yang dititipkan akan dirawat dengan baik, termasuk pemberian makan dan minum rutin. Ada pula perawatan khusus, yakni perawatan salon, mandi, jalan-jalan, dan perawatan lainnya sesuai kebutuhan hewan.

“Kami juga menyiapkan dokter hewan yang setiap hari mengontrol kesehatan hewan-hewan yang dititipkan itu,” papar Nico. Selama Lebaran biaya penitipan memang mengalami kenaikan dibanding hari biasa. Untuk kucing, dalam sehari pelanggan diwajibkan membayar Rp55.000-Rp65.000. “Sementara untuk anjing, biayanya bervariasi tergantung besar kecilnya. Mulai yang terkecil Rp55.000 hingga terbesar Rp75.000 per hari,” ungkapnya.

Salah satu pelanggan, Wenefrida Kenya Purwastiti, 19, menerangkan, dia setiap Lebaran selalu rutin menitipkan hewan peliharaannya di tempat penitipan hewan tersebut. Pelayanan tempat penitipan hewan itu sudah terkenal baik dan membuatnya tenang. “Sudah sering, setiap tahun titip di sini. Pelayanannya baik, ruangan bersih, dan ada dokternya yang selalu mengawasi. Jadi, nyaman meninggalkan kucing-kucing saya saat mudik Lebaran,” kata warga asli Magelang itu.

Ramainya hewan peliharaan yang dititipkan juga dirasakan Iwan Rudy, karyawan jasa penitipan hewan Pet Paradise Jalan Dr Wahidin No 68 F Kota Semarang. Setiap menjelang Lebaran, jumlah penitipan hewan di tempat itu bisa melebihi kapasitas yang tersedia. “Mulai H-4 Lebaran sudah mulai ramai pelanggan yang menitipkan hewan peliharaannya di tempat kami. Namun karena tempat dan tenaga terbatas, kami tidak bisa menerima mereka semua,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, tingginya animo masyarakat menitipkan hewan peliharaannya ke jasa penitipan menjadi berkah tersendiri perusahaannya. Keuntungan yang dihasilkan dari jasa penitipan hewan saat mudik Lebaran di tempatnya bekerja bisa mencapai 30% dari hari biasanya.

Andika prabowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)