Pola Hidup Lansia Pinggiran Tak Sehat

Senin, 06 Juli 2015 - 10:26 WIB
Pola Hidup Lansia Pinggiran Tak Sehat
Pola Hidup Lansia Pinggiran Tak Sehat
A A A
KULONPROGO - Pola hidup lanjut usia (lansia) masih mengabaikan masalah kesehatan. Khususnya para lansia di pinggiran yang kurang mengonsumsi sayuran, buah, dan kurang istirahat.

Mereka ini rentan terserang penyakit degeneratif seperti hipertensi, asam urat, dan kolesterol. “Lansia di pelosok masih kurang olahraga, mereka bekerja keras tetapi kurang istirahat,” kata Koordinator Rawat Inap RS Rizki Amalia Medika, Bambang Teja Asmara, saat melakukan pengobatan gratis di halaman Masjid Asy Syakirin Dusun Dukuh, Desa Bumirejo, Lendah, kemarin.

Kondisi ini diperparah dengan kurangnya olahraga, konsumsi buah, dan sayur kurang. Mencangkul atau menyapu tidak bisa dikategorikan sebagai olahraga. Olahraga minimal 45 menit tiga kali dalam sepekan. Kondisi diperparah dengan tingkat merokok yang tinggi. “Sayur dan buah itu murah, bisa ditanam di pekarangan,” ujarnya.

Pada pengobatan ini sendiri, banyak warga yang mengalami darah tinggi, asam urat dan kolesterol. Pihaknya merujuk pasien yang menderita hipertensi dan katarak ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan serius. Ketua Panitia Acara Pengobatan Gratis di Dukuh, Wakiman menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Nuzulul Quran di wilayahnya.

Masyarakat yang menjadi sasaran, yakni warga lima dusun di Bumirejo di antaranya Dukuh, Carikan, Cabean, Panggang, dan Gegunung. “Mayoritas warga adalah petani, jadi mereka pekerja keras kurang memperhatikan kesehatan,” ujarnya.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5479 seconds (0.1#10.140)