Gunung Raung Siaga, BPBD Jatim Kirim 120 Ribu Masker

Senin, 29 Juni 2015 - 18:42 WIB
Gunung Raung Siaga, BPBD Jatim Kirim 120 Ribu Masker
Gunung Raung Siaga, BPBD Jatim Kirim 120 Ribu Masker
A A A
SURABAYA - Menyusul peningkatan status Gunung Raung menjadi Siaga (Level III), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengirimkan masker untuk warga di sekitar Gunung Raung. Sebanyak 120 ribu masker yang dikirimkan untuk antisipasi ketika Gunung Raung erupsi.

"Sejak kemarin sudah kita kirimkan masker. Ada empat daerah yang terimbas debu di Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Jember dan Lumajang," kata Kepala BPBD Jatim Sudarmawan, Senin (29/6/2015).

Pengiriman masker ini disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Kata Sudarmawan, stok masker di Gudang BPBD Jatim masih banyak. Tersedia pula beberapa keperluan seperti family kids, lauk pauk, dan makanan siap saji.

Dia menjelaskan, kesiapan untuk antisipasi erupsi Gunung Raung sudah dilakukan. Sebab, gunung tersebut mengalami fluktuasi dari Normal, Waspada, dan Siaga sejak tahun 2012. Termasuk, contigency plan evakuasi/shelter juga sudah disiapkan sejak tahun 2012.

"Saat ini tinggal di-update sehingga untuk menyempurnakan dengan kondisi di lapangan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bergemuruh dan mengeluarkan dentuman yang terdengar hingga radius 20 kilometer. Dentuman keras itu terjadi kemarin sekira pukul 20.00 WIB.

PILIHAN:
Dentuman Terdengar dari Gunung Raung

Ini Lokasi Terdampak jika Gunung Raung Erupsi
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6745 seconds (0.1#10.140)