Berburu Makanan Tradisional di Pasar Tumpah

Senin, 29 Juni 2015 - 11:59 WIB
Berburu Makanan Tradisional di Pasar Tumpah
Berburu Makanan Tradisional di Pasar Tumpah
A A A
Banyak pilihan tempat untuk berburu makanan takjil di seputaran Yogyakarta. Begitu halnya dengan makanannya, yang beraneka dijajakan oleh para pedagang musiman ini.

Kondisi seperti ini salah satunya dapat ditemui di sepanjang Jalan Kaliurang km 14-15, yang tak jauh dari salah satu Perguruan Tinggi (PT) di Yogyakarta. Sudah sejak setelah waktu Ashar, mulai terlihat para pedagang menyiapkan lapak yang akan dibukanya. Para pedagang ini, dari berbagai macam kalangan. Seperti warga setempat, atau juga sekumpulan mahasiswa dan mahasiswi yang sengaja mencari tambahan uang saku dengan berjualan. Macam makanan atau minumannya pun hampir sama dengan tempat ngabuburit lainnya. Seperti risoles, nasi kuning, nasi teri, atau yang lainnya.

Akan tetapi, akan tergoda jika pengunjung mendatangi salah satu lapak, milik Wartono, 64, warga asal Lodadi, Kecamatan Ngemplak. Tumpukan sayur yang masih segar, yang dijajakan dilapaknya cukup menarik gairah untuk memesannya. "Makanan tradisional, pecel dan lotek. Ya memang ini sayursayurnya dipilih yang masih segar-segar saja," katanya.

Berjualan makanan tradisional saat puasa seperti ini memang sudah dilakukannya sejak 1988 silam di tempat tersebut. Untuk harga satu porsinya pecel misalnya, hanya cukup membayar Rp5.000. "Sayur-sayurnya paling banyak memakai sawi hijau dan putih. Selain segar-segar, porsinya banyak dan murah. Memang berbuka akan lebih nikmat dengan makanan tradisional seperti ini," kata salah satu pembelinya, Subandiono, 30, warga asal Ngaglik, Sleman ini.

Jika datang ke tempat ini, meski para pedagang tumpuh di sepanjang tepi jalan, namun tak perlu dikhawatirkan masalah lahan parkirnya. Karena warga setempat sudah menyediakan lahan khusus, bagi pengunjung yang memang sengaja hanya ingin berburu makanan takjil.

Ridho Hidayat
Yogyakarta
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4279 seconds (0.1#10.140)