Pengalaman Menempa Kemampuan

Sabtu, 27 Juni 2015 - 09:54 WIB
Pengalaman Menempa Kemampuan
Pengalaman Menempa Kemampuan
A A A
RUMAH tanpa desain interior yang baik ibarat sayur tanpa garam. Peran seorang desainer interior sangat diperlukan dalam menata maupun mempercantik tampilan rumah, apartemen, gedung dan bangunan lainnya sehingga sedap dipandang mata.

Pesatnya pertumbuhan properti Tanah Air diiringi dengan bermunculannya jasa desain interior. Meski sebe lumnya jasa para desainer inte rior ini lebih cenderung diguna kan di gedung atau rumah-rumah mewah, sekarang tidak ada lagi batasan. Rumah sederhana, kafe, bahkan ruko pun bisa mendapat sentuhan seorang desainer interior agar tampak lebih elegan.

Lalu apa yang mendasari seorang Bella Glhadisa Ziasti memilih profesi desainer interior? Bagaimana langkah dan strategi dalam mengim plementasikan ilmu yang didapat, termasuk dalam mengantisipasi perkembangan interior yang berkaitan dengan perubahan sosial, perkembangan teknologi, tuntutan masyarakat, dan perubahan tren yang terjadi dalam masyarakat dan lingkungan serta mampu berkompetisi dalam pasar global?

Berikut kutipan wawancara khusus reporter KORAN SINDO PALEMBANG dengan Desainer Interior asal Palembang, Bella Glhadisa Ziasti belum lama ini.

Mengapa Anda lebih tertarik pada bidang desain interior?

Ketertarikan saya pada bidang interior karena bukan hanya sekadar ingin mempelajari ilmu yang membahas tata letak ruang, tetapi juga keinginan untuk mengembangkan seni ke dalam elemenelemen pendukung ruang tersebut. Kendati pun baru berke cimpung di dunia desain interior, saya berkeyakinan dengan belajar dari pengalaman akan semakin mendewasakan seseorang dalam mewujudkan cita-citanya. Seperti contoh furnitur, warna yang memengaruhi psikologi manusia dan dekorasi yang memberikan nuansa yang berbeda dalam setiap konsep desain. Apalagi pembangunan gedung, kantor dan lainnya tidak terlepas dari jasa desain interior.

Bagaimana menurut Anda prospek desain interior ke depan?

Dua tahun belakangan ini prospek desain interior memang cukup menjanjikan karena sudah adanya perkembangan zaman dimana banyaknya orang-orang yang membuka tempat-tempat umum dengan konsep unik dan bersaing untuk memikat para konsumen.

Apalagi konsumen terutama kawula muda yang mudah tertarik akan sesuatu hal yang baru dan unik. Tidak hanya pada konsep ruang, melainkan juga pada furnitur dan dekorasi pendukung ruangan tersebut. Kebanyakan anak-anak remaja sekarang ini mulai tertarik untuk mempelajari arsitektur dan interior di perguruan tinggi dan juga sekarang desainer interior tidak hanya terpaku pada interior ruang saja, tetapi juga mencakup eksterior bangunannya.

Untuk menjadi seorang manajemen dalam interior desain pun perlu memerhatikan beberapa hal agar desain bisnis dapat memperoleh keuntungan lumayan sekaligus memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan antara lain mampu melakukan adminis - trasi perencanaan desain interior, memahami prakualifikasi konsultan, membuat dokumen penawaran, memahami tender konsultan, membuat kontrak kerja, mampu melakukan administrasi proyek dan lainnya.

Bagaimana Anda memenangkan kompetisi di tengah ketatnya pembangunan yang dilakukan di kota besar?

Untuk memenangkan sebuah kompetisi di kota besar tidaklah mudah, kita hanya perlu menawarkan hal-hal yang baru mulai dari seni yang memengaruhi konsep desain yang berbeda dari yang lain dengan harga yang sangat kompetitif. Bukan berarti penawaran harga yang diajukan itu murah, tetapi kita dapat memberikan yang terbaik sesuai dengan bujet yang diinginkan. Disamping itu pula,kita juga harus bisa memanfaatkan ataupun menggunakan material yang biasa menjadi luar biasa yang akan digunakan pada konsep desain tersebut.

Apa kelebihan dan kendala yang kerap dihadapi seorang desain interior?

Kelebihan menjadi seorang desainer interior ialah kita dapat memberikan jasa desain dengan bujet yang disesuaikan dengan kemampuan klien. Jasa desain mencakup pekerjaan juga, mulai lantai, dinding serta furnitur. Namun,kendala yang sering dihadapi desainer ketika material yang ingin digunakan sedikit sulit untuk didapatkan, terutama di Kota Palembang. Adapun materialnya harus dipesan terlebih dahulu dan harga yang ditawarkan pun relatif mahal.

Pada Desember 2015 ini dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Apakah ada rasa kekhawatiran makin banyaknya desain interior luar masuk ke Indonesia sehingga akan menggerus profesi desain interior lokal?

Insya Allah tidak, asalkan kita dapat lebih kreatif dalam mendesain sesuatu. Dengan adanya MEA, justru akan semakin memberikan peluang yang bagus bagi para desainer interior lokal karena dengan masuknya desain interior luar akan semakin mengundang para investor masuk ke Indonesia.

Dengan keberadaan itu, maka tidak menutup kemungkinan akan semakin banyaknya gedung atau bangunan kantor dan fasilitas umum yang memerlukan jasa desain interior. Untuk semakin mengembangkan bakat profesi para desain interior, para desain interior lokal dapat berkolaborasi dengan desai ner interior luar. Dengan begitu akan semakin mengembangkan profesi desain interior itu sendiri.
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4108 seconds (0.1#10.140)