Puskesmas Diminta Maksimalkan Pelayanan

Sabtu, 27 Juni 2015 - 09:20 WIB
Puskesmas Diminta Maksimalkan Pelayanan
Puskesmas Diminta Maksimalkan Pelayanan
A A A
SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta setiap puskesmas bisa memberikan pelayanan maksimal dan tidak membeda-bedakan status pasien.

“Kami punya keinginan agar puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Semarang bisa memberikan pelayanan memuaskan kepada masyarakat tanpa terkecuali, semua mendapatkan pelayanan yang sama,” kata Hendrar Prihadi (Hendi) di sela-sela meninjau Puskesmas Mijen kemarin. Dalam tinjauannya, Hendi mengecek secara langsung kondisi ruang pelayanan, laboratorium, infrastruktur, dan peralatan yang mendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas Mijen.

Dia juga meninjau rehabilitasi gedung baru yang nantinya digunakan untuk ruang pertemuan dan administrasi di Puskesmas Mijen. Hendi juga menyempatkan diri berkomunikasi langsung dengan para pasien di ruang rawat inap yang berisi pasien di antaranya penyakit tifus dan tenaga medis yang ada. Hendi menyemangati dan memotivasi para tenaga medis untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat.

Tinjauan yang dilakukan bersamaan dengan bulan Ramadan ini sekaligus juga untuk mengecek kesiapan pelayanan dalam menerima pasien dan tamu pemudik yang akan melewati Kota Semarang. Hal ini mengingat Puskesmas Mijen terletak pada jalur alternatif menuju wilayah selatan. “Saya berharap agar pelayanan kesehatan yang ada di Kota Semarang, termasuk salah satunya di Puskesmas Mijen ini dapat memberikan pelayanan yang baik dengan didukung kondisi lingkungan yang bersih, rapi dan nyaman bagi pasien,” kata Hendi.

Kepala Puskesmas Mijen Yetti Nastiti mengatakan pelayanan kesehatan yang dimiliki cukup komplet meliputi poli umum, poli gigi, layanan gizi, santun lansia, Managemen Terpadu Balita Sehat (MTBS), imunisasi, laboratorium, KIA dan KB, rawat inap, dan layanan promosi kesehatan. Yeti juga menyampaikan jumlahtenagamodisyangterdiriatas3 dokter umum, 1 dokter gigi, 9 bidan, 9 perawat, 1 tenaga epidemiologi, 2 nalis, 1 apoteker, dan 1 asisten apoteker.

Selain itu terdapat pula sembilan tenaga nonmedis yang membantu pengadministrasian dan operasional dua mobil puskesmas keliling yang ada. Dengan sarana prasarana lengkap serta tenaga medis yang mumpuni, Puskesmas Mijen ini rata-rata per hari memberikan pelayanan kepada 125-150 pasien di Kota Semarang. Mereka di antaranya mengidap penyakit, seperti ISPA, hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit kulit.

M abduh
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4973 seconds (0.1#10.140)