Warga Jombang Mulai Alami Krisis Air Bersih

Rabu, 24 Juni 2015 - 03:32 WIB
Warga Jombang Mulai Alami Krisis Air Bersih
Warga Jombang Mulai Alami Krisis Air Bersih
A A A
JOMBANG - Sejumlah desa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur dalam satu bulan terakhir ini mengalami krisis air bersih. Sedikitnya dua kali dalam sepekan, BPBD Kabupaten Jombang menyalurkan bantuan air bersih kepada warga.

Dengan membawa wadah seadanya, puluhan warga di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berbondong-bondong mendatangi truk tangki PDAM.

Mereka harus mengantre untuk mendapatkan jatah bantuan air bersih yang dikirim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang.

Warga mengaku antusias mendapatkan jatah bantuan air bersih dari petugas karena sudah lebih dari satu bulan ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk kebutuhan mandi, warga masih bisa mendapatkannya dari sebuah sungai yang ada di dalam hutan. Namun, kondisinya tidak terlalu bersih sehingga kurang layak jika dikonsumsi.

Sedangkan untuk kebutuhan konsumsi, warga terpaksa harus membeli di desa lain seharga Rp5 ribu per jeriken. Warga berharap pemerintah rutin mengirimkan bantuan air bersih untuk mereka.

Anggota BPBD Jombang Pepy Haryanto mengatakan, berdasarkan data yang ada, ada 16 desa di lima kecamatan di Kabupaten Jombang yang mulai mengalami krisis air bersih.

Kelima kecamatan itu adalah Kecamatan Plandaan, Kecamatan Ngusikan, Kecamatan Kudu, Kecamatan Kabuh, dan Kecamatan Bareng.

"Namun, dari 16 desa tersebut, saat ini baru Desa Ngrimbi yang sudah mengajukan permintaan bantuan," kata Pepy.

Bagi warga di desa-desa lain yang sudah mengalami krisis air bersih, BPBD mengimbau para perangkat dan kepala desanya agar segera mengajukan surat ke BPBD Kabupaten Jombang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3289 seconds (0.1#10.140)