Jadi Sentra Bambu Kabupaten Sumedang

Senin, 22 Juni 2015 - 10:21 WIB
Jadi Sentra Bambu Kabupaten Sumedang
Jadi Sentra Bambu Kabupaten Sumedang
A A A
SUMEDANG - Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, bertekad menjadi sentra bambu di Kabupaten Sumedang.

Guna mewujudkan hal itu pihak desa telah mengalokasikan lahan kebun, seluas puluhan hektare untuk penanaman bibit bambu. Kepala Desa Mekarasih, Cecep Supriatna menuturkan, bibit bambu terbaik pun telah ditanam di puluhan hektare lahan kebun di Desa Mekarasih.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai komunitas yang peduli seperti Bengkel Hijau dari Bandung. “Belum lama ini, warga kami dibimbing oleh Bengkel Hijau dari Bandung dalam mengelola bibit sampai tata cara pengisian di polybag, hingga pemeliharaannya,” tuturnya kepada KORAN SINDO kemarin.

Jenis bambu bitung, kata dia, adalah jenis bambu unggulan yang diproyeksikan untukdikembangkan di Mekarasih, Jatigede. Bahkan, lanjut dia, dalam mewujudkan cita cita sebagaiwilayah sentra bambu sejumlah warga juga diikutkan dalam berbagai acara kegiatan berkaitan dengan bambu dan lingkungan hidup. “Sempat, utusan dari desa kita ikut dalam workshop bambu nusantara di Lampung. Bahkan bibit bambu dari kami sudah di cek di laboratorium sebagai bambu terbaik,” tuturnya.

Dia berharap, dengan jadinya sentra bambu, selain untuk pengembangan potensi ekonomi juga untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan. “Nanti juga akan kami prioritaskan, bambu tersebut ditanam di wilayah sabuk hijau Waduk Jatigede,” ucapnya. Lebih lanjut, kata dia, bambu dari Mekarasih merupakan kualitas bambu terbaik.

Sehingga wajar sampai saat ini saja permintaan akan bambu begitu meningkat. Bahkan baru baru ini saja ada permintaan dari Provinsi Lampung untuk menyediakan bibit bambu yang akan ditanam di luasan 90 hektare lahan di Lampung. “Tapi kita belum bisa memenuhinya,” katanya.

Dia menambahkan, dari bambu, banyak yang bisa diproduksi untuk kebutuhan masyarakat. Untuk itu pihaknya bertekad untuk menjadi wilayah sentra bambu. L

Aam Aminullah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7911 seconds (0.1#10.140)