Selvi Bakal Pakai Kebaya Model Kartinian w

Senin, 01 Juni 2015 - 10:36 WIB
Selvi Bakal Pakai Kebaya Model Kartinian w
Selvi Bakal Pakai Kebaya Model Kartinian w
A A A
SOLO - Rangkaian persiapan terus dikebut menjelang acara Presiden Joko Widodo (Jokowi) mantu, 11 Juni mendatang.

Salah satu bakal menjadi pusat perhatian adalah busana yang akan dikenakan Selvi Ananda, calon menantu presiden. Busana calon istri Gibran Rakabuming Raka tersebut kini juga telah diselesaikan oleh desainer Hanif Aisyah Nanjaya dari Chili Boutique yang terletak di Jalan RM Said Solo. Busana yang akan dikenakan calon pengantin perempuan adalah model Jawa, yakni kebaya dengan model Kartinian menjuntai ke bawah.

Pakaian itu akan dikenakan untuk acara siraman, mi dodareni, dan resepsi. Semen tara untuk ijab kabul, pakaian dipesan dari rumah mode lainnya di Kota Solo. “Kain yang di pakai adalah jenis sifon,” ungkap Dodi Nanjaya, pemilik Chili Bautique, kemarin. Putih menjadi salah satu war na dasar kebaya.

Sementara motif warnanya cam puran, seperti hijau, pink, kuning dan orange. Kemudian mempelai laki-laki, pakaian yang dipesan di antaranya model Jawi jangkep sikepan dengan kain beludru war na hitam. Pakaian polos ti dak ada manik-manik yang me nempel, juga dilengkapi rompi untuk pakaian dalam yang terbuat dari kain beludru. Pakaianuntukpengantinki ni selesai dikerjakan. Kedua mem - pelai juga telah fitting dan cocok.

Namun, Chili Boutique eng gan mengeluarkan ke publik dengan alasan belum ada izin. Selain itu, sesuai etika juga tidak pas jika dikeluarkan sebe lum acara. Dodi mengaku tidak menyangka rumah mode miliknya mendapatkan kepercayaan mem buatkan pakaian pengantin anak Presiden Jokowi. Pesanan datang 25 Februari lalu saat anaknya tengah ulang tahun.

Saat itu Dodi meminta kepada penjaga toko untuk mengatakan bahwa dirinya tidak mau diganggu karena tengah acara keluarga. Ternyata saat itu yang datang adalah Gibran Rakabuming Raka sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, karena sang penjaga toko tidak tahu yang datang adalah anak pertama Presiden Jokowi, Gibran pun tidak sempat bertemu dengan dirinya. “Tapi Mas Gibran sempat meminta kartu nama dan beberapa jam kemudian menelepon saya,” ungkapnya.

Pesanan pakaian satu pekan kemudian dibuat dan awal Mei selesai. Dirinya tidak tahu persis alasan keluarga Jokowi me milih rumah mode miliknya. Na mun diakui, Selvi Ananda pernah sekali memesan dibuatkan pakaian untuk acara Putri Solo tahun 2010 atau setahun setelah Selvi dinobatkan sebagai Putri Solo 2009. “Setelah itu kami tidak ada kontak lagi dengan Mbak Selvi,” katanya.

Tiba-tiba Gibran datang dan meminta dibuatkan pakaian dalam acara pernikahannya dengan Selvi. Selain pakaian pengantin, keluarga Presiden Jokowi juga memesan 40 setel pakaian untuk prosesi acara pernikahan. Pakaian itu diperuntukkan keluarga inti presiden dan calon besannya, sehingga setiap acara sepuluh pakaian yang digunakan. Pakaian yang nanti dipakai Iriana, istri Jokowi, modelnya juga Kartinian. Pakaian itu juga telah selesai dan dicoba.

Sementara pakaian untuk pria berupa beskap landung. Kain beludru yang di pesan ternyata juga limited edition . Kain beludru tipis warna hitam pekat, namun tidak panas dipakai, sedangkan untuk jarik jum lahnya mencapai ratusan. Selain itu, motifnya beragam, seperti ahyu tumurun, Sidomulyo, dan parang. “Penggunaan motif jariknya disesuaikan dengan adat tradisi Jawa,” katanya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan, persiapan PresidenJokowi mantu sepenuhnya ditangani Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Pihaknya hanya mempersiapkan tempatnya. “Seperti tempat parkir dan penerangan jalan, itu saja,” katanya.

Ary wahyu wibowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0463 seconds (0.1#10.140)