Tambang Batu Breksi Disulap Jadi Lokasi Wisata

Minggu, 31 Mei 2015 - 12:30 WIB
Tambang Batu Breksi Disulap Jadi Lokasi Wisata
Tambang Batu Breksi Disulap Jadi Lokasi Wisata
A A A
SLEMAN - Lokasi penambangan batu breksi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

Oleh masyarakat setempat, tebing yang sudah ditambang kini dikembangkan menjadi lokasi wisata baru dengan sebutan Taman Tebing Breksi, Gunung Purba Candi Ijo. Kepala Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tlatar Seneng Mujimin yang mengelola Taman Tebing Breksi mengatakan, awalnya masyarakat hanya mengetahui jika bebatuan tersebut untuk bahan bangunan. Setelah dilakukan penelitian, material ternyata endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunungkidul yang harus dilestarikan.

“Pengunjung sudah banyak yang datang ke sini untuk fotofoto, dan saat ini kita baru menarik untuk parkir,” katanya saat ditemui di lokasi wisata kemarin. Melihat daya tarik pengunjung, area penambangan bebatuan Breksi yang berada sekitar 1 kilometer sebelah barat dari Candi Ijo itu pun dijadikan taman wisata baru. Bagian depan tebing yang ditambang dibuat panggung pentas permanen dengan tempat duduk dari batu dibuat melingkar. Lampu sorot di sekitar panggung dengan backgroud tebing menjadikan panggung di alam bebas itu terasa megah.

Selain itu, kawasan seluas 4 hektare dengan medan naik-turun bisa dimanfaatkan untuk kegiatan komunitas motor trail. Ke depan, di lokasi tersebut akan ditambah fasilitas yang bisa digunakan untuk kegiatan outbound. “Kegiatan seni bisa dipentaskan di sini, kita juga telah bekerja sama dengan komunitas-komunitas dan Dinas Pariwisata DIY, nanti akan kita kembangkan pula untuk outbound,” ungkap Mujimin.

Seorang pengunjung bernama Sita dari Yogyakarta yang ditemui di sekitar lokasi mengaku mendapatkan informasi lokasi wisata baru tersebut dari beberapa temannya yang membaca dari blog dan berita-berita di internet. Setelah melihat fotofoto yang ada, dia bersama teman- temannya kemarin sengaja datang untuk melihat dan berfoto.

“Karena penasaran saja, apalagi lokasinya juga dekat dengan Candi Ijo,” ungkapnya. Untuk mendorong wisata Taman Tebing Breksi, Sabtu (30/5)–Minggu (31/5), lokasi tersebut dijadikan pusat kegiatan dari berbagai komunitas dan pramuka serta peluncuran website visitingjogja.com.

Muji barnugroho
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4169 seconds (0.1#10.140)