Kodam Diponegoro Luncurkan SiPinter

Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:47 WIB
Kodam Diponegoro Luncurkan SiPinter
Kodam Diponegoro Luncurkan SiPinter
A A A
SEMARANG - Kodam IV/Di- ponegoro meluncurkan program Sistem Pelaporan dan Informasi Teritorial (SiPinter) dan Pusat Komando Kendali (Puskodal) Kodam IV/Diponegoro di Serambi Kehormatan Makodam IV/Diponegoro, Semarang, kemarin.

Peluncuran SiPinter secara simbolis dilakukan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono didampingi Presiden Direktur PT Nagabendu Teknologi Utama Andi K R Garna, CEO Smartfren Joko Tata Ibrahim dan Kapolda Jateng Irjen Pol Noor Ali dengan menekan sirene. Seusai peluncuran, Pangdam meninjau pengoperasian SiPinter di ruang Puskodal Kodam IV/Diponegoro.

Mayjen TNI Bayu Purwiyono tampak mengecek pelaporan dari para Babinsa yang ada di lapangan, melakukan teleconference hingga mengetahui pergerakan para anggota di wilayah masing-masing. Pangdam mengatakan, program SiPinter diharapkan dapat memaksimalkan upaya khusus dan sekaligus meningkatkan pencapaian target swasembada pangan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan begitu, anggota Babinsa bisa memanfaatkan program tersebut dalam pelaksanaan pembinaan teritorial (Binter). “Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, diharapkan akan diimbangi dengan peningkatan kemampuan para Babinsa. Hal ini mengingat para babinsa adalah ujung tombak pelaksana Pembinaan Teritorial di lapangan dan memegang posisi strategis,” ujar Mayjen TNI Bayu Purwiyono.

Dengan program SiPinter diharapkan dapat menyinergiskan peran dinas pertanian, PPL, dan Babinsa di lapangan melalui koordinasi secara terpadu dan terintegrasi. Tak hanya itu, program ini juga dapat digunakan sebagai sarana pelaporan kegiatan para Babinsa yang valid di lapangan, antara lain meliputi pelaporan tentang pemetaan potensi wilayah.

Pihak PT Nagabendu Teknologi Utama Andi K R Garna mengungkapkan, jalinan kerja sama dengan Kodam IV/Diponegoro diharapkan bisa mendukung tugas TNI. Pihaknya menjamindenganteknologi SiPinter keamanan data yang penting bagi TNI AD akan aman.

Ahmad antoni
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7125 seconds (0.1#10.140)