Stiker Kesatuan di Nopol Harus Dilepas

Jum'at, 29 Mei 2015 - 10:01 WIB
Stiker Kesatuan di Nopol Harus Dilepas
Stiker Kesatuan di Nopol Harus Dilepas
A A A
KULONPROGO - Pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2014 di yang dilaksanakan Polres Kulonprogo fokus dengan melakukan hunting sistem.

Akan banyak petugas yang disebar untuk memantau keamanan dan keter tiban serta kelancaran berlalu lintas. Keberadaan stiker dari kesatu an TNI juga disarankan untuk dilepas. “Cara itu lebih efektif un tuk menyosialisasi tertib berlalu lintas bagi pengguna kenda raan,” kata Kasat Lantas Polres Ku lonprogo AKP Ahmad Hidayat usai memimpin razia di Sentolo. Sasaran operasi ini lebih fokus pada ruas jalan yang ada di tengah Kota Wates.

Nantinya akan menyasar kendaraan roda dua maupun roda empat, yang lebih rawan dengan kemacetan. Sasaran operasi ini lebih bervariasi, dari plat nopol yang tidak sesuai spesifikasi, ditempeli stiker hingga light on, sabuk pengaman, maupun ketaatan terhadap rambu-rambu lalu lintas. “Sesekali kami juga lakukan razia secara stasioner di suatu lokasi,” katanya.

Pada hari pertama kemarin, mereka menindak 59 pengguna yang melanggar. Mulai tidak mengenakan helm, tidak bisa menunjukkan surat-surat, hingga tidak mengenakan sabuk pengaman. Diakuinya banyak kendaraan yang nopolnya dibentuk dengan beberapa variasi maupun stiker dari kesatuan TNI. Untuk itulah, petugas akan meminta para pemilik untuk melepas stiker.

Begitu juga dengan plat nomor yang tidak sesuai spesifikasi agar diganti dan disesuaikan dengan yang ada. “Tidak semua ditilang, te tapi banyak yang hanya kami te gur lisan ataupun tertulis,” katanya. Kasubag Humas Polres Kulon progo Iptu Heri Meiyanto mengatakan, dalam operasi ini dibagi dalam lima tim. Setiap timnya ber tugas dengan target dan sa saran tertentu.

Seperti pada bagian humas lebih fokus untuk memberikan sosialisasi dan informasi maupun dokumentasi. Di samping itu juga ada yang bertugas melakukan deteksi dini, hingga penindakan. “Seperti pelanggaran ringan seperti stiker di nopol kami berikan pemahaman dan sarankan untuk melepas. Nopol harus bebas dari stiker,” tandasnya.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5658 seconds (0.1#10.140)