Makan sampai Jontor

Selasa, 26 Mei 2015 - 11:03 WIB
Makan sampai Jontor
Makan sampai Jontor
A A A
JANGAN mengaku penyuka pedas sebelum merasakan dahsyatnya Sambel Jontor. Ditawarkan dengan berbagai level pedas, restoran ini benar-benar menantang pengunjung untuk membakar lidah!

Ramen dengan berbagai level pedas sudah umum di Jakarta. Aneka sambal dari berbagai bahan, juga sudah lazim ditemukan di restoran tertentu di Jakarta.

Nah yang sedikit berbeda adalah beberapa jenis sambal yang juga hadir dengan berbagai varian tingkat kepedasan. Jangan mengaku doyan pedas sebelum merasakan aneka sambal yang ada. Sambel Jontor mempunyai beberapa macam sambal. Dimulai dari jontor cemen, jontor ijo, jontor balado ijo, jontor gendeng , dan terakhir sekaligus yang paling pedas adalah jontor mampuuzz! .

”Sampai sekarang belum ada yang berani menghabiskan sambal level ini. Kalaupun ada yang pesan, masih tidak mampu makan sampai habis,” tutur Rizal, Leadership Sambel Jontor cabang Condet Raya, Jakarta Timur, ketika ditemui KORAN SINDO . Dilanda rasa penasaran tingkat tinggi, akhirnya KORAN SINDO memesan gurame jontor gendeng dan mi hot plate yang juga di level yang sama.

Sebenarnya ingin mencoba level jontor mampuuzz! , tapi sepertinya belum berani, apalagi setelah mendengar perkataan Rizal. Nah, mi hot plate jontor gendeng sesuai namanya ditempatkan di hot plate dan diberi potongan dadu ayam dengan sambal jontor gendeng yang disiram di atasnya. Demi melihat tampilannya saja sudah cukup menantang. Cabai rawit merah yang digiling kasar sehingga masih ada bijinya, menantang untuk segera dihabiskan.

Suapan pertama lidah terasa panas, sambal terasa membakar lidah. Suapan berikutnya langsung saja peluh bercucuran. Agar tak begitu terasa pedas, sengaja menyantap banyak mi ketimbang sambal. Tapi tetap saja rasa pedas bandel tak mau enyah dari mulut. Benar-benar ”makan sampai jontor !,” sesuai tagline restoran ini. Umumnya sambal yang disajikan di restoran-restoran tidak begitu pedas meski di level cukup pedas sekalipun. Namun, sebaiknya singkirkan asumsi ini di benak Anda jika ingin mencoba sambal di restoran berkapasitas lebih dari 100 orang ini.

Bagi Anda yang suka ayam, silakan memesan aneka ayam yang ada. Ayam penyet, ayam crispy , ayam cabe ijo , ayam jontor madu, ayam asam manis, ayam saus padang. Lagi-lagi jika ingin menantang rasa pedas, coba ayam jontor spesial. Sambal tingkat gendeng menyelimuti permukaan daging ayam. Awas sakit perut. Tapi sungguh, rasa pedas memang membuat orang ketagihan. Tak apalah sesekali berpeluh keringat dengan tangan selalu sigap meraih gelas.

Namun, tenang saja, tidak melulu makanan pedas yang tersedia di sini. Tentunya Anda juga bisa memesan makanan minus sambal. Seperti iga bakar yang KORAN SINDO pesan. Iganya empuk dan manis. Disediakan kuah kaldu dengan nasi terpisah, berikut sambal dan jeruk nipis. Varian mi juga menjadi kelebihan restoran ini. Di antaranya mi jontor seafood , mi jontor ayam madu, mi jontor cabe ijo , dan mi jontor ayam. Seluruh mi disajikan di hot plate dengan tingkat pedas, mulai level satu hingga lima.

Untuk diketahui, semakin tinggi level yang dipilih, harga seporsinya makin mahal. Harga mi ini dipatok mulai Rp15.000, tentu sangat ramah di kantong. Menu lain yang bisa dicoba, sebut saja iga bakar barbeque , sop iga asam pedas, sop iga asam manis, dan sop iga original . Kalau mau makan dengan nasi putih beserta lauk, tentu juga bisa. Lauk seafood di antaranya cumi goreng tepung, cumi saus tiram, udang penyet, udang goreng tepung, udang jontor , udang, dan saus padang.

Makin lengkap dengan kehadiran bermacam olahan ikan. Ikan kerapu goreng, ikan nila goreng, ikan nila jontor , ikan gurame goreng, gurame saus padang, gurame jontor spesial, dan gurame asam manis. Menemani protein, ada pula bermacam sayuran. Di antaranya cah toge polos, cah toge ikan asin, cah kangkung terasi, capcay kuah seafood , dan capcay goreng seafood . Atau mau pilih nasi goreng juga ada. Menariknya, ada banyak pilihan nasi goreng di tempat ini.

Nasi goreng jontor, nasi goreng hongkong, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kepiting, nasi goreng pete, dan nasi goreng ikan asin. Nah ini yang paling penting, minuman pengusir rasa pedas. Aneka jus segar, es teh tarik cincau dan cappuccino cincau menjadi andalan restoran ini. Tak usah merogoh kocek dalam-dalam.

Dengan modal kurang dari Rp50.000, kita sudah bisa makan kenyang. Tapi yang penting, siapkan dulu mental Anda untuk menjajal sambal yang ada.

Sri noviarni
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0888 seconds (0.1#10.140)