Bangunan Pasar Lembang Segera Dirobohkan

Sabtu, 23 Mei 2015 - 12:33 WIB
Bangunan Pasar Lembang Segera Dirobohkan
Bangunan Pasar Lembang Segera Dirobohkan
A A A
BANDUNG BARAT - Pemkab Bandung Barat berencana merobohkan bangunan Pasar Panorama Lembang pascaperistiwa kebakaran yang terjadi, Jumat (15/5)

Bupati Bandung Barat, Abubakar mengatakan, sebelum lahan Pasar Panorama Lembang dijadikan lokasi berniaga sementara oleh para pedagang, pelu dilakukan pengamanan terlebih dahulu. Sebab, sesuai rekomendasi ke polisian bangunan pasar bekas kebakaran rawan roboh.

“Kami akan pasang seng di sekeliling bangunan pasar agar tidak ada pedagang atau masyarakat ma suk ke dalam bangunan,” kata Abubakar. Perobohan bangunan, lanjut Abubakar pasti akan dilakukan. Bagaimana pun pemerintah daerah harus kembali membangun pasar permanen bagi para pedagang.

“Saat ini masih tetap fokus menempatkan pedagang di lahan pasar sementara karena sangat mendesak,” ujar Bupati. Dalam proses perencanaan pembangunan, Abubakar menjelaskan, harus dilakukan musyawarah antara pedagang, pemerintah dan investor. Hal itu akan memakan waktu lama untuk mencapai titik kesepakatan.

“Semua tahapan perlu musyawarah, baik dari besaran biaya, bentuk bangunan dan seba gai nya,” jelasnya. Abubakar berharap, pasar yang dibangun akan meningkatkan daya saing pedagang dari pasar modern. Sehingga pembangunanya perlu dipersiapkan dengan matang. “Mau gak mau memang harus dibangun, ta pi masalah waktu belum bisa ditentukan saat ini,” tandas Abubakar.

Berdasarkan pantauan, para pedagang sudah mulai bisa berjualan kembali, dan sebagian lagi masih membangun kios yang terbuat dari bahan non-permanen. Sejumlah pedagang mengaku, untuk membuat kios cukup hanya dilakukan beberapa jam saja. “Lumayan lah, asal jangan kalau hujan dan barang kena air ujan,” kata salah seorang pedagang, Dadi.

Dadi menyatakan, saat ini yang paling penting bisa segera berjualan kembali. Jangan sampai berhenti terlalu lama karena akan berpengaruh terhadap modal yang tersisa. “Bisa-bisa kalau berhentinya lama, uang modal dibelanjain buat makan sehari-hari,” tuturnya.

Raden bagja mulyana
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3164 seconds (0.1#10.140)