Sertifikat Tanah Digital Solusi Cegah Mafia Tanah

Jum'at, 22 Mei 2015 - 16:02 WIB
Sertifikat Tanah Digital Solusi Cegah Mafia Tanah
Sertifikat Tanah Digital Solusi Cegah Mafia Tanah
A A A
BANDUNG - Permasalahan sengketa tanah di Indonesia masih marak terjadi. Hal itu tak jarang disebabkan oleh para mafia yang ingin mendapatkan tanah seseorang dengan berbagai cara. Salah satunya dengan pemalsuan dokumen.

Namun, hal itu nampaknya tak akan terjadi lagi, atau setidaknya bisa diminimalisir dengan program yang akan segera diluncurkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang yang berupa sertifikat tanah digital.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengungkapkan, salah satu keuntungan dalam program sertifikat tanah digital adalah bisa menghindarkan masyarakat dari praktik mafia tanah.

“Program ini bisa meminimalisir pemalsuan. Nanti kalau ada sertifikat ganda bisa dicek, lima menit langsung ketahuan mana yang asli dan palsu,” tuturnya saat berbincang dengan wartawan, Jumat (22/5/2015).

Ferry mengatakan, sertifikat tanah digital tersebut dipastikan sangat aman. Selain menggunakan password, nantinya pengguna juga diharuskan mengisi data selengkapnya dan mencantumkan foto.

“Masyarakat tidak akan menemui kesulitan untuk mengakses data mengenai bukti kepemilikan tanah. Ketika sertifikat asli hilang, kita tinggal akses digital. Tinggal masukan password itu sudah kuat,” pungkasnya.

Baca juga:
Sertifikat Tanah Digital Siap Diluncurkan
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5360 seconds (0.1#10.140)