TSTJ Ingin Jadi Anak Angkat GL Zoo

Minggu, 17 Mei 2015 - 10:54 WIB
TSTJ Ingin Jadi Anak Angkat GL Zoo
TSTJ Ingin Jadi Anak Angkat GL Zoo
A A A
YOGYAKARTA - Studi banding yang dilakukan manajemen Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo beberapa waktu lalu berlanjut.

Kini TSTJ mengutarakan minatnya untuk menjadi sister zoo atau anak angkat bagi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta. Keinginan itu muncul agar TSTJ tidak perlu repot mencari investor dalam melakukan pengembangan. “Kami ingin jadi anak angkatnya Gembira Loka,” ucap Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo kemarin. Bimo tidak datang sendirian. Dia didampingi Dewan Pengawas PD TSTJ Totok Sunarto dan Nonot Harmanto dari bagian promosi.

Perwakilan Pemkot Solo juga turut serta, yakni Kabag Perekonomian Ariani Indriastuti, Kasubag Pengembangan Usaha Daerah Sri Suharti, danstafbagian perekonomian Zufar Sasongko. Menurut Bimo, pihaknya sangat siap menjalin kerja sama dengan GL Zoo. Saat ini pihaknya sudah menyiapkan kandang rusa karena GL Zoo berencana membantu rusa bagi taman satwa tersebut.

Dia memastikan bentuk kerja sama bisa diperluas lagi. Dalam dua kali kunjungan ke GL Zoo, rombongan TSTJ mencari masukan tentang banyak hal. Di antaranya, penataan pedagang, sistem ticketing, dan operasional wahana permainan. “GL Zoo berkembang pesat dan kami ingin banyak belajar dari sini,” lanjut Bimo. Sebagai lembagakonservasi, TSTJ juga diharuskan mengedukasi pengunjung, selain fungsi konservasi dan rekreasi. Dalam waktu dekat manajemen bakal melakukan penataan dengan memfungsikan kembali kolam renang yang ada.

Terpisah, Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo menyarankan agar TSTJ membangun citra yang baik bagi wisatawan. “Kami juga memberi usulan agar TSTJ berganti nama, misalnya menjadi Solo Zoo agar lebih familier,” ucapnya.

Sodik
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4953 seconds (0.1#10.140)