Lebih Sabar dan Bugar Dengan Kapha Yoga

Minggu, 17 Mei 2015 - 10:48 WIB
Lebih Sabar dan Bugar Dengan Kapha Yoga
Lebih Sabar dan Bugar Dengan Kapha Yoga
A A A
SEJAK dulu teknik olah tubuh asal India (yoga) digemari banyak kalangan. Tak heran Yoga pun terus berkembang di Indonesia, termasuk KAPHA Yoga yang kini tren di Palembang.

KAPHA Yoga adalah salah satu yoga yang berhasil dikembangkan anak bangsa negeri ini. KAPHA sendiri merupakan singkatan dari penciptanya asal Indonesia yakni Koko Asana Principle Of Human Body Aligment (KAPHA) pada 2013.

Sejak itulah KAPHA Yoga terusberkembang ke pelosok tanah air, bahkan berdiri juga di Palembang di bulan Januari 2015 lalu. Teknik olah tubuh ini memanfaatkan advance alignment yaitu aligmentlanjutan dari aligment yang sudah ada sebelumnya. Yoga satu ini memiliki gerakan andalanyakni FrontWarrior, sebuah pembaharuan dari pose Warrior yang sudah ada sebelumnya.

Olah tubuh ini pundipercayamampu mengaktifkan otot-otottubuhyangperlahanbisa mengurangi keluhan kesehatan tubuh. Karina salah satu pendidik KAPHA Yoga di Palembang mengatakan, mulanya KAPHA yoga sulit untuk diterima masyarakat Sumsel, karenayoga kerapdikaitkan mantra-mantradankegiatan meditasi. Namun perlahan dengan kesabaran, ia dan rekannya sesama guru basic yang telah bersertifikat IYS berhasil membuat olah tubuh ini disukai masyarakat.

" Untuk mengenalkan KAPHA Yoga awalnya susah, karena orang tahunya yoga itu meditasi, padahal yoga itu ialah olah tubuh dan pernafasan. Selama ini banyak yang beropini kalau yoga itu mengandung aliran mantra. Jadi kita hilangkan dulu pikiran masyarakat yang menganggap yoga seperti itu, apalagi dulu pernah terbentuk yoga haram," katanya di sela latihan di kawasan Jakabaring Sport Center, kemarin.

Menurut Karina di Palembang membernya hingga saat ini mencapai 100 orang. Sedangkan yang sudah menjadi tenaga pendidik dan telah bersekolah sekitar 40 orang. Tak sebatas mereka yang muda, KAPHA yoga juga ada yangbisa diaplikasikan untuk ibu-ibu hamil, sampai anak-anak. Yoga ini kata Karina cenderung mudah dipelajari dan tidak terlalu sulit, dan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan.

" Manfaatnya banyak sekali, salah satunya untuk mengatur kesabaran, pernafasan, melancarkan peredaran darah. Belajarnya pun tidak sulit tiga sampai enam bulan,," ungkap Karina sambil sesekali menyeka keringat. Dijelaskan Rina sapaan akrabnya, teknik dangerakan KAPHA Yoga yang terkenal dan paling disukai yakni FrontWarrior.

Gerakan ini mengintegrasikan seluruhs ehingga membuatpecintanya cepat berkeringat seperti selayaknya seorang warrior yang hendak mempersiapkan diri untukberperang. “Kalau ingin tahu lebih banyak soal KAPHA Yoga bisa mengikuti PreTT 30 jam KAPHA Yoga atau TT 200 KAPHAdiJakarta.

Sementara itu, salah satu guru Yoga Basic Reni Arta Yustistian, 37, mengatakan KAPHA Yoga di Palembang saat ini belum memiliki sekretariat khusus, namun bisa bergabung dengan mereka di Jakabaring setiap akhir pekan. Untuk biaya dalam berolah raga ini menurutnya tidak begitu mahal, untuk sekali pertemuan hanya berkisar Rp 15.000- 150.000. Namun untuk mereka yang ingin memperdalam teknik-tekni khusus yoga lainnya baru akan dikenai biaya tambahan.

" Kalau olahraga mudah, syaratnya memakai pakaian olahraga yang nyaman dan sangat fleksible sekali untuk belajarnya. Instruktur khusus belum ada, hanya guru pendidik yoga yang telah bersertifikat saja. Jadi jika ada yang mau kenal KAPHA bisa langsung contac IYS," katanya.

Bubun kurniadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8618 seconds (0.1#10.140)