MotoGP Seri Qatar 2020 Batal Gara-gara Corona, Rider: Sangat Menyedihkan

Senin, 02 Maret 2020 - 07:39 WIB
MotoGP Seri Qatar 2020 Batal Gara-gara Corona, Rider: Sangat Menyedihkan
Sirkuit Losail Qatar. Foto: MotoGP
A A A
DOHA - Penyelenggara balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP terpaksa membatalkan seri perdana di Qatar yang rencananya berlangsung 8 Maret. Pembatalan ini tidak lepas dari wabah virus corona yang telah menjangkiti sejumlah negara, termasuk Jepang dan Italia.

"FIM, IRTA dan Dorna sangat menyesal mengumumkan pembatalan kelas MotoGP dari sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapandi Grand Prix Qatar," demikian pernyataan resmi seperti dikutip dari MotoGP, Senin (2/3/2020).

Dilansir dari Autosport, wabah virus corona yang berasal dari China dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 80 ribu orang di seluruh dunia dan mengakibatkan sedikitnya 3 ribu orang meninggal dunia.

Akibat menjangkitnya virus tersebut, pembatasan perjalanan ke Qatar pun diberlakukan. Terutama bagi warga Italia yang dalam dua pekan terakhir ini dikabarkan ada yang terinfeksi virus tersebut.

Dorna Sports selaku otoritas tertinggi menerapkan prosedur untuk memastikan personel MotoGP yang berasal dari Jepang dan Italia akan diberikan akses ke Qatar. Namun, Qatar yang mengumumkan kasus pertama terkena virus corona memberlakukan karantina selama dua minggu bagi setiap penumpang yang baru-baru ini mengunjungi Italia.

Hanya saja, pembatalan ini khusus untuk kelas MotoGP saja. Sementara untuk kelas Moto3 dan Moto2 masih sesuai jadwal, mengingat mereka tetap berada di Qatar pasca menjalani pengujian resmi di Sirkuit Internasional Losail selama tiga hari.

Sementara mengenai GP Thailand pada 20-22 Maret mendatang, belum ada konfirmasi resmi apakah akan dibatalkan juga atau tidak.

"Seperti halnya dengan Qatar, banyak yang akan tergantung pada pembatasan masuk (atau larangan pertemuan besar) yang diberlakukan oleh pemerintah Thailand, AS dan Argentina," demikian pernyataan resmi FIM.

Akibat pembatalan ini, beberapa pembalap kelas MotoGP memberikan responsnya di media sosial. Seperti yang dilakukan Alex Rins, rider dari tim Suzuki Ecstar.

"Sangat menyedihkan karena tidak bisa balapan di #QatarGP tetapi hal pertama yang didahulukan. Tetap aman kalian semua!," tulis Rins di akun instagramnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6599 seconds (0.1#10.140)