Anggota Teroris ISIS Dipajang di Jalan dan Dieksekusi Kelompok Rival

Senin, 04 Maret 2019 - 14:20 WIB
Anggota Teroris ISIS Dipajang di Jalan dan Dieksekusi Kelompok Rival
Para anggota ISIS dipajang di jalan di Idlib, Suriah sebelum dieksekusi tembak oleh kelompok Tahrir al-Sham. Foto/Daily Mirror
A A A
IDLIB - Sejumlah anggota teroris ISIS dipajang di pinggir jalan di wilayah Idlib, Suriah, dan kemudian dieksekusi tembak oleh kelompok rival mereka, Tahrir al-Sham.

Eksekusi itu berlangsung hari Sabtu pekan lalu. Aksi kelompok Tahrir al-Sham dilaporkan kantor berita Ebaa yang dilansir Reuters, Senin (4/3/2019). Eksekusi massal itu sebagai tanggapan atas serangan bom bunuh diri kelompok ISIS yang mematikan di sebuah restoran di Idlib.

Tahrir al-Sham terdiri dari beberapa kelompok, termasuk sempalan al-Qaeda, Front al-Nusra. Kelompok itu telah berselisih dengan ISIS selama bertahun-tahun meskipun memiliki pandangan radikal yang sama.

Menurut laporan media tersebut, ada sepuluh anggota ISIS yang dieksekusi tembak di pinggir jalan. Serangan bom oleh ISIS yang memicu balas dendam itu berlangsung sehari sebelumnya, yakni pada hari Jumat.

Kelompok ISIS sendiri telah kehilangan hampir seluruh wilayahnya di Suriah. Mayoritas wilayah yang diduduki ISIS direbut oleh tentara Suriah, yang didukung oleh Rusia, Iran, dan milisi Syiah.

Saat ini, kelompok yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi itu tersudut di kantong terakhir mereka di Baghuz, Suriah. Mereka sedang diperangi Pasukan Demokratik Suriah (SDF), kelompok pemberontak Suriah yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Anis al-Shami, seorang pejabat keamanan dari Tahrir al-Sham, mengonfirmasi eksekusi terhadap sepuluh anggota ISIS. "Hari ini (Sabtu) di tempat kejadian adalah hukuman yang adil yang dapat menghalangi mereka dan membangunkan mereka dari kebodohan mereka," katanya.

Kantor berita Ebaa juga menerbitkan gambar-gambar yang memperlihatkan orang-orang bersenjata dengan wajah tertutup dan mengenakan seragam menembakkan pistol ke kepala sepuluh pria berjanggut yang duduk di depan mereka di trotoar jalan.

Reuters sejauh ini tidak dapat memverifikasi laporan media itu secara independen.

Tahrir al-Sham merupakan kelompok militan utama di barat laut Suriah. Mereka mendominasi sebagian wilayah Idlib termasuk di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5998 seconds (0.1#10.140)