TNI Siap Evakuasi Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia

loading...
TNI Siap Evakuasi Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. Foto/Istimewa/TNI
JAKARTA - TNI siap mengevakuasi pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Evakuasi ini akan dilakukan sebagai upaya menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

Kesiapan ini ditegaskan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. "Para pekerja migran di Malaysia ini direncanakan akan kembali ke Indonesia imbas dari penyebaran virus corona," katanya, Jumat (3/4/2020).

Pihaknya juga sudah mengoordinir pemulangan tersebut. Yudo mengatakan, pihaknya bersama TNI Angkatan Laut telah menyiapkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) sebagai alat angkut.

“Kogabwilhan I bersama dengan Angkatan Laut akan menggerakkan KRI-KRI yang saat ini sudah stand by di Batam, jadi sewaktu-waktu digunakan untuk mengangkut personil khususnya yang ke Jawa sudah siap semuanya di Batam."



Yudo juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel untuk proses pemulangan. Dan, informasi dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi sekitar 20 ribu yang akan pulang dari Malaysia.

Saat ini, kata Yudo, pihaknya segera menyiapkan proses pemulangan. Direncanakan, para migran ini terlebih dulu akan ditampung di Rumah Sakit Darurat di Pulau Galang, Kepulauan Riau. "Nantinya juga personel-personel yang migran dari Malaysia khususnya yang akan kita tampung juga di rumah sakit Galang yang akan beroperasi tanggal 6 April nantinya."

Ia pun akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat tentang rencana pemulangan migran dari Malaysia ini. "Harapannya dengan melaksanakan rapat perencanaan dengan pemda setempat ini dapat dilaksanakan," kata Yudo
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top