Muhammadiyah Kota Surabaya Dukung Upaya Melawan Covid-19

Jum'at, 20 Maret 2020 - 23:45 WIB
Muhammadiyah Kota Surabaya Dukung Upaya Melawan Covid-19
Posko Dapur Umum PDM Surabaya ini dipusatkan di Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Wuni No. 9 Surabaya.Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya mengintruksikan seluruh jamaahnya untuk bersama-sama jihad melawan wabah corona atau Covid-19.

Jihad tersebut diwujudkan dengan mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kota Surabaya.

Ketua PDM Kota Surabaya, Mahsun, menuturkan bahwa PDM Kota Surabaya sudah menginstruksikan kepada seluruh Amal usaha Muhammadiyah agar senantiasa menjaga kebersihan. Tentunya dengan protokol kebersihan dan Kesehatan yang sudah ditentukan baik itu di masjid, sekolahan TK/SD/SMP/SMA/SMK dan juga panti asuhan.

"Virus Corona ini membahayakan. Kita juga meliburkan anak sekolah sampai akhir Maret, begitu juga pengajian sudah kami minta dihentikan dulu," katanya, Jumat (20/3).

Menurutnya, seluruh komponen anak bangsa harus memiliki sepakat dan bersama-sama menghindari kegiatan yang mendatangkan massa. Hal itu untuk mengurangi kontak fisik dan menekan penularan virus Covid-19.

Sebagai bentuk jihad, PDM Kota Surabaya bersama Lazismu dan MDMC Lembaga Penanggulangan Bencana mendirikan Posko Dapur Umum yang dipusatkan di Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Wuni No. 9 Surabaya. Telur rebus dan minuman tradisional wedang uwuh, selalu siap dinikmati untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Selain itu, PDM juga membentuk Satgas Relawan Lawan Covid-19 bersama Angkatan Muda Muhammadiyah. Mereka melakukan penyemprotan desinfektan disejumlah masjid dan mushola, membagikan masker serta membuat sabun anti septik dan hand sanitizer.

"Seluruh pimpinan dan warga Muhammadiyah Surabaya disetiap tingkatan harus bersama-sama mengikuti anjuran Pemerintah. Dan bersama-sama jihad melawan Covid-19 ini bentuk ikhtiar kita secara maksimal dalam mendukung upaya menangkal virus lebih banyak terjadi di Surabaya," ujarnya.

Posko akan dibuka mulai Sabtu 21 Maret sampai batas waktu yang tidak ditentukan. satgas akan mendistribusikan semua bantuan untuk melawan Corona ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah Se Kota Surabaya. Bantuan empon-empon dari Walikota sebanyak 1.500 paket akan berikan gratis ke warga sudah dalam bentuk minuman.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3370 seconds (0.1#10.140)