PTPN XII Ekspor Perdana Kopi Robusta Senilai Rp2,5 Miliar

Jum'at, 13 Desember 2019 - 18:42 WIB
PTPN XII Ekspor Perdana Kopi Robusta Senilai Rp2,5 Miliar
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas dan Direktur Utama PTPN XII M. Cholidi, melepas ekspor Kopi Robusta perdana tahun 2019, di Kebun Malangsari PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII), Desa Kalibaru Kulon, Banyuwangi, Jumat (13/12/2019). Foto/SINDONews/
A A A
BANYUWANGI - PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) mengekspor 45 ton kopi robusta hasil produksi Kebun Malangsari ke negara Italia. Nilai ekspor tersebut mencapai Rp 2,5 miliar.

Pelepasan ekspor Kopi Robusta perdana 2019 ini dilakukan langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta jajaran, Direktur Utama PTPN XII, M. Cholidi, Seluruh Manajer Kebun PTPN XII Wilayah Banyuwangi, Camat, Kapolres, Dandim, Mahasiswa, Siswa dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Selain untuk penambahan devisa negara, ekspor kopi tersebut juga bertujuan untuk memacu peningkatan pariwisata Banyuwangi terutama di sektor Wisata Kopi.

Abdullah Azwar Anas, mengatakan Kabupaten Banyuwangi terus memacu dan memperkenalkan Kopi sebagai salah satu sektor pariwisata Banyuwangi agar semakin dikenal dunia.

Namun, lanjut Anas, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antar stakeholder supaya berjalan dengan sukses. Kebersihan ekspor kopi yang dilakukan oleh PTPN XII ini juga tidak terlepas dari jerih payah petani kopi.

"Harapan saya kedepan ini bisa ditingkatkan," kata Anas saat pelepasan Ekspor Perdana Kopi Rubusta, di Perkebunan PTPN XII Malangsari, Jumat (13/12).

Tak hanya ekspor kopi perdana, kegiatan ini juga diselingi pemberian santunan kepada sejumlah anak yatim sekitar Kebun, peninjauan prosesing kopi UMKM dan beberapa hiburan khas banyuwangi diantaranya Tari Gandrung.

Sebagaimana diketahui bersama, Kebun Malangsari merupakan salah satu kebun milik PTPN XII yang membudidayakan Kopi Robusta dengan luas hampir 2.600 ha. Terletak di Desa Kalibaru Kulon, Kalibaru, Banyuwangi, kopi robusta Kebun Malangsari juga terkenal dengan brand produk spesialnya yakni kopi lanang.

Tahun ini, Kebun Malangsari mampu memproduksi Kopi sebanyak 1.304 ton yang rencananya akan diekspor ke beberapa Negara di dunia antara lain Italia, Jepang, UK, Jerman dan Australia.

“Ini merupakan ekspor perdana di tahun 2019 dari Kebun Malangsari, hanya sebagian kecil dari total produksi Kebun Malangsari yang jumlahnya mencapai 1.304 ton, dan semoga meningkat di tahun – tahun berikutnya,” ujar M Cholidi.

Sebelumnya, acara serupa juga digelar di salah satu Kebun Kopi lain milik PTPN XII di Banyuwangi yakni Kebun Kaliselogiri, dengan mengekspor perdana sebanyak 378 ton ke Italia, Inggris dan Jepang.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.9278 seconds (0.1#10.140)