Kurangi Impor BBM, Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN untuk Layani Kapal

Senin, 28 Oktober 2019 - 18:01 WIB
Kurangi Impor BBM, Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN untuk Layani Kapal
Kurangi Impor BBM, Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN untuk Layani Kapal
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero terus berupaya untuk menekan biaya logistik. Ini bertujuan agar daya saing produk nasional meningkat. Salah satu caranya, yakni dengan pemasangan shore connection di semua wilayah pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo III.

Shore connection adalah jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga dipergunakan untuk kapal yang bersandar di pelabuhan. Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik.

“Hari ini kami menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PLN untuk pemanfaatan surplus energi listrik PLN untuk kami pergunakan melalui shore connection, ini adalah bentuk sinergi BUMN, salah satu upaya untuk menekan biaya logistik untuk menaikkan daya saing logistik,” ujar Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, Senin (28/10/2019).

Dengan memanfaatkan shore connection, lanjut dia, maka otomatis kebutuhan BBM kapal akan berkurang saat sandar di pelabuhan. Saat ini, Pelindo III juga sedang melakukan penjajakan untuk menggunakan shore connection di pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

"Dengan menggunakan energi listrik untuk kapal, bisa efisiensi hingga 30-40 persen dan mempercepat kegiatan bongkar muat yang menggunakan crane kapal dari semula 4-5 hari kini menjadi 3-4 hari saja," imbuhnya.

Dia menjelaskan, dari 35 titik shore connection yang terpasang di 13 lokasi pelabuhan dan terminal di wilayah Pelindo III, pihaknya sudah siap investasi senilai Rp70 miliar dan memerlukan daya listrik total 49.569 kilovolt ampere (kVA).

"Saya melihat ada potensi yang sangat bagus untuk memanfaatkan surplus energi listrik PLN. Maka saya harap dari MoU ini, ke depan dapat dilakukan percepatan untuk pemenuhan kebutuhan shore connection di beberapa terminal dan pelabuhan,” pungkas Doso.

Kepala Cabang PT Temas Line Surabaya, salah satu pelanggan Shore Connection, Capt. Ronald C. Schouten mengatakan, shore connection untuk listrik kapal container di wilayah Pelindo III khususnya di Terminal Berlian dan TTL dapat dirasakan efisiensi dari segi biaya.

Dimana pada saat sandar, pihaknya dapat mengurangi konsumsi BBM dengan menggunakan listrik dari darat untuk beroperasi. "Dimana tarif penggunaan listrik lebih murah serta stock untuk BBM juga dapat berlangsung lebih lama," terangnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8994 seconds (0.1#10.140)