Berpakaian Ihram, Gelombang ke-2 JCH Terbang ke Tanah Suci

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:37 WIB
Berpakaian Ihram, Gelombang ke-2 JCH Terbang ke Tanah Suci
Jamaah calon haji gelombang kedua sudah mengenakan kain ihram sebelum diberangkatkan. Foto/ist
A A A
SURABAYA - Pemberangkatan gelombang kedua jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Surabaya mulai diberangkatkan ke Bandar Udara Juanda secara bertahap. Gelombang kedua yang meliputi kloter 41, 42, 43, dan 44 itu diterbangkan ke Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah pada Sabtu (20/7) pukul 21.00 WIB dan Minggu (21/7) dini hari.

Sekertaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Jamal menuturkan, gelombang kedua JCH yang hendak diberangkatkan terlebih dahulu diharuskan mengenakan kain ihrom. Hal ini demi mempermudah JCH ketika mendarat di Jeddah agar bisa langsung menuju Makkah.

"Tahun lalu juga seperti ini, JCH gelombang kedua sudah harus menggunakan kain ihrom, jadi JCH sudah tidak repot-repot lagi," ujarnya

Meski sudah memasuki gelombang kedua, lanjut Jamal, visa JCH dapat dituntaskan dengan baik. Hingga saat ini, visa yang sudah siap mencapai kloter 56. Menurut Jamal, PPIH Eembarkasi Surabaya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Visa ini sudah aman, tentunya semakin bertambah hari maka penyelesaian visa ini bisa secepatnya sampai kloter terahir,” kata dia.

Jmal menegaskan, saat ini PPIH Embarkasi Surabaya sudah siap menyambut kedatangan JCH asal Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur. Menurutnya kesiapan itu ditunjukkan dengan teah terpasangnya alat biometrik di beberapa gedung seperti Zaitun dan Mina.

“Karena Provinsi Bali dan NTT ini belum beometrik, maka kami sudah siapkan jauh-jauh hari. Beometrik ini prosesnya sebentar, hanya kornea dan sidik jari, mudah-mudahan tidak mengganggu jadwal pemberangatan,” imbuhnya.

Dikarenakan suhu di Arab Saudi terus naik hingga terahir mencapai 43 celcius, Jamal berpesan kepada JCH yang berada di tanah suci untuk betul-betul menjaga kesehatan. "Ibadah haji ini 90 persennya itu harus sehat, jadi setiap JCH harus pintar-pintar menjaga kesehatannya," pungkasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2190 seconds (0.1#10.140)