Lima Tempat Wisata di Yogya yang Bisa Kamu Kunjungi Usai Corona Mereda

loading...
Lima Tempat Wisata di Yogya yang Bisa Kamu Kunjungi Usai Corona Mereda
Gumuk Pasir di Parangkusumo, Bantul, DIY bisa menjadi tujuan wisata ketika nanti pandemi virus corona telah berlalu. FOTO/IST
YOGYAKARTA - Berlibur di tengah pandemi corona jenis baru, Covid-19 tentu tidak disarankan. Namun jika nanti penyebaran virus ini sudah dapat dikendalikan, maka Yogyakarta bisa menjadi destinasi wisata Anda bersama keluarga.

Kota Gudeg ini memang sudah terkenal memiliki banyak wisata alam, edukasi, dan berbagai wisata lainnya. Dari sekian banyak destinasi wisata, setidaknya ada lima destinasi yang wajib dikunjungi jika Anda tidak memiliki banyak waktu. Berikut destinasi wisata di Yogyakarta yang bisa dikunjungi selama 2 hari seperti dikutip Travelingyuk.

1. Candi Borobudur
Kunjungan pertama di hari pertama adalah Candi Borobudur. Salah satu candi terbesar di Indonesia ini wajib untuk dikunjungi, paling tidak sekali seumur hidup. Lokasinya berada di Magelang, bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum. Bagi wisatawan yang tidak ingin ribet, bisa sewa motor untuk menuju candi. Jika perjalanan dimulai dari Stasiun Tugu Jogja, bisa langsung menuju ke Magelang dan mengikuti petunjuk arah ke Borobudur.

Sesampai di lokasi, Anda akan dikejutkan dengan kemegahan candi ini. Anda bisa melihat detail pahatan yang ada di dinding, sekaligus detail patung Budha. Jika diperhatian, sepanjang dinding candi terdapat pahatan yang memiliki sebuah cerita. Tidak hanya itu saja, setiap sudut bangunan candi juga sangat Intagramable, apalagi saat berada di puncak candi.



2. Gumuk Pasir Parangtritis
Destinasi selanjutnya adalah Gumuk Pasir yang berada di Pantai Parangtritis. Cukup jauh memang dari Borobudur ke Parangtritis, tapi jarak tak menjadi penghalang untuk berburu sunset di pantai ini. Di Gumuk Pasir ada banyak spot foto seperti ayunan, gapura atau tower bambu. Selain itu, Gumuk Pasir juga dikelilingi rumput liar yang bisa jadi spot foto antimainstream. Bisa juga foto dengan mobil jeep yang ikonik.

Setelah ke Gumuk Pasir, pastikan mengunjungi Pantai Parangtritis. Sembari istirahat dan menghilangkan rasa lelah setelah lama diperjalanan, Anda bisa bermain air di pinggir pantai karena ombaknya yang besar tak memungkinkan untuk dijadikan tempat berenang. Bisa juga berkeliling pantai dengan naik delman atau ATV. Duduk santai sembari mengunggu sunset juga bisa menjadi pilihan tepat.

Sepulang dari Pantai Parangtritis dan tiba di Kota Yogya pada malam hari, Anda bisa mencoba cari kuliner di pinggiran kota. Ada banyak kedai angkringan yang berjejer di pinggir jalan raya. Kuliner yang satu ini sangat digemari oleh semua orang. Selain harganya murah meriah, cita rasa makanan yang mereka suguhkan juga tak mengecewakan.



Menu makannya juga beragam, seperti mendoan, nasi kucing, sate kerang, sate usus, sate telur puyuh dan masih banyak lagi yang lainnya. Sangat cocok dijadikan tempat nongkrong dan ngobrol bersama teman atau sahabat.

3. Candi Prambanan
Destinasi wisata Yogya di hari kedua adalah Candi Prambanan. Peninggalan sejarah yang berada di Sleman ini juga merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia. Berbeda dengan Candi Borobudur yang terkesan akan kemegahan, Candi Prambanan ini tampak lebih elegan dan cantik. Di setiap bangunan candinya memiliki pahatan yang menceritakan tentang dewa-dewa yang diyakini oleh umat Hindu. Di setiap sudut bangunan candi juga Instagramable. Apalagi berkunjung saat sore hari, Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang mempesona.

Selain itu ada juga pertunjukan tari tradisional saat malam hari. Bagi Anda yang hobi foto, waktu yang tepat datang ke Candi Prambanan adalah weekday. Karena saat weekend, tempat wisata ini akan banyak sekali yang kunjungi, sehingga sedikit susah untuk mendapatkan spot foto bagus dan tak banyak orang berlalu lalang.

4. Candi Ratu Boko
Masih berada di satu kabupaten dengan Candi Prambanan, Candi Ratu Boko memang sangat pas dijadikan tempat untuk berburu sunset yang cantik. Letaknya yang berada di atas bukit membuat pemandangan di sekitar candi semakin indah. Ada banyak sekali spot foto bagus untuk koleksi foto Anda. Mulai dari kafe yang berada di dekat pintu loket hingga taman yang ada disekitar candi dapan menjadi tempat yang pas untuk bercengkrama bersama teman.

5. Malioboro
Destinasi wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Jalan Malioboro. Bagi Anda yang pulang menggunakan kereta, wisata ini sangat wajib dikunjungi. Jalan-jalan menyusuri Jalan Malioboro sembari menunggu kedatangan kereta pulang adalah kegiatan wisata yang santai dan asik. Agar lebih asik lagi, Anda bisa berkeliling dengan naik delman, pasti memberikan kesan tersendiri. Malioboro juga dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Yogya dan wisata kuliner juga.
(amm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top