Longsor Banjarnegara Tutup Jalan Nasional, Warga Terdekat Diungsikan

Selasa, 17 Desember 2019 - 22:59 WIB
Longsor Banjarnegara Tutup Jalan Nasional, Warga Terdekat Diungsikan
Longsor di Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara membuat sejumlah warga diungsikan. FOTO : IST
A A A
BANJARNEGARA - Tebing yang longsor di Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, tak hanya menutup ruas jalan nasional penghubung Banjarnegara-Wonosobo. Sejumlah warga diungsikan karena bangunan rumahnya tak luput dari terjangan longsor.

“Longsor ini tidak sampai permukiman, tapi memang ada rumah yang berdekatan (dengan lokasi longsor). Dan mengenai rumah bagian belakang, dan sudah ketahui kan ada pula kios,” kata Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Arif Rahman, Selasa (17/12/2019).

Menurutnya, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Warga langsung menyelamatkan diri, termasuk mengevakuasi barang-barang berharga agar tak turut tertimbun gelontoran tanah dan lumpur dari tebing.

“Tidak ada korban jiwa. Ini orangnya dan barang-barangnya, secara mandiri mereka memindahkan ke lokasi yang aman,” tutur dia.

“Kebetulan saat kejadian juga arus lalu lintas tengah sepi sehingga tak ada pengendara yang tertimbun. Baru setelah kejadian polisi langsung datang ke lokasi melakukan pengaturan lalu lintas dan melakukan pengalihan arus, khususnya untuk kendaraan-kendaraan kecil,” tambahnya.

Sekadar diketahui, ruas jalan nasional penghubung Banjarnegara – Wonosobo di Desa Prigi Kecamatan Sigaluh, tertimbun longsor. Akibatnya arus lalu lintas lumpuh total. Antrean kendaraan mengular di kedua sisi lokasi longsor hingga sepanjang empat meter.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5523 seconds (0.1#10.140)