11 Adik Sultan HB X Tetap Tolak Sabda Raja

Sabtu, 09 Mei 2015 - 14:22 WIB
11 Adik Sultan HB X Tetap Tolak Sabda Raja
11 Adik Sultan HB X Tetap Tolak Sabda Raja
A A A
YOGYAKARTA - Meski Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X sudah menjelaskan secara resmi kepada publik seputar makna dan isi Sabda raja dan dawuh raja.

Namun 11 adik sultan tetap menolak atau menentang sabda raja tersebut. Salah satu adik Sultan HB, Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Yudaningrat mengaku sudah mendengarkan penjelasan isi dari sabda raja yang disampaikan ke publik di Ndalem Wironegaran.

"Kami tetap belum bisa memahami, kami yang berjumlah 11 tetap menentang," katanya saat ditemui di kediamannya, Ndalem Yudanegaran Jalan Ibu Ruswo Yogyakarta, Sabtu (9/5/2015).

Sultan HB X memiliki 19 adik, baik adik kandung maupun adik tiri atau beda ibu. Dari 19 adik itu, lima merupakan perempuan dan 14 laki-laki. Empat orang sudah meninggal dunia.

Menurut Gusti Yuda, sapaan akrab GBPH Yudaningrat, adik-adik HB X tetap akan memberikan jawaban seputar sabda raja dan dawuh yang dibacakan raja pada Kamis 30 April 2015 dan Selasa 5 Mei 2015 lalu.

"Sikap adik-adik akan disampaikan oleh Kang Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto selaku adik tertua," kata dia.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Setda DIY ini mengungkapkan, para adik sudah melakukan telaah terhadap isi dan penjelasan sabda raja dan dawuh.

"Termasuk tidak hanya menggunakan otak, tapi juga hati seperti yang diminta Sultan. Namun ya tetap saja ora gathuk (tidak sinkron)," jelasnya.

Gusti Yuda menegaskan, sabda raja dan dawuh raja tetap tidak bisa dicerna dengan akal sehat, termasuk dirasakan dengan hati. "Sabda raja dan dawuh raja itu sudah keluar dari rel paugeran. Ibarat kereta kalau keluar rel, berbahaya, ambruk," ungkapnya.

Menurut dia, jika sudah keluar dari paugeran, maka keraton bisa sangat berbahaya. "Ora mung (tidak hanya) bahaya, tetapi juga membahayakan," ujarnya dengan menutupi maksud membahayakan itu apa.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6089 seconds (0.1#10.140)