Hilang di Atlantik, DNA Keluarga ABK Kapal Taiwan Diambil

Sabtu, 14 Maret 2015 - 08:19 WIB
Hilang di Atlantik, DNA Keluarga ABK Kapal Taiwan Diambil
Hilang di Atlantik, DNA Keluarga ABK Kapal Taiwan Diambil
A A A
JEMBER - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Tengah (Jateng) dan Kemenlu akan mengambil sampel DNA keluarga Anak Buah Kapal (ABK) kapal Taiwan yang hilang di Samudera Atlantik. Dari 21 ABK, 12 di antaranya dipastikan berasal dari Kabupaten Tegal, Brebes, dan Pemalang.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tegal Algunto menyatakan, sudah mendapat informasi dari Kemenlu terkait rencana pengambilan sampel DNA keluarga ABK kapal Hsiang Fu Cheun.

"(Kemarin malam) saya dapat informasi dari Kemenlu, hari Sabtu (14 Maret) besok (hari ini) akan dilakukan pengambilan sampel DNA oleh Kemenlu dan Tim DVI Polda Jateng," kata Algunto kepada Sindonews, Jumat 13 Maret 2015.

Menurut Algunto, pengambilan sampel DNA itu akan dilakukan di Polres Pemalang, Tegal, dan Brebes. Para keluarga ABK nantinya akan dikumpulkan di tiga mapolres tersebut untuk memudahkan proses pengambilan sampel DNA.

"Dari polres dan perusahaan penyalur kemungkinan sudah memberitahukan ke kaluarga ABK. Tapi kami juga tetap akan ikut memberitahukan ke mereka hari ini (kemarin)," tuturnya.

Disinggung apakah sudah ada kepastian kapal tenggelam sehingga dilakukan pengambilan sampel DNA, Algunto mengaku belum mendapatkan informasi pasti. Hal itu menurutnya masih dalam penelusuran pihak-pihak berwenang seperti Kemenlu dan BN2PTKI.

"Pengambilan sampel DNA ini mungkin sebagai langkah antisipasi proses identifikasi agar jika nantinya dibutuhkan oleh pihak berwenang di Taiwan sudah ada," tandasnya.

Berdasarkan data ABK kapal Hsiang Fu Cheun dari BNP2TKI yang diperoleh Dinsosnakertrans, selain ada tiga ABK yang berasal dari Kabupaten Tegal, terdapat lima ABK berasal dari Brebes dan empat ABK dari Kabupaten Pemalang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3250 seconds (0.1#10.140)