Peran Alex Komang dalam Festival Kartini Besar

Sabtu, 14 Februari 2015 - 18:35 WIB
Peran Alex Komang dalam Festival Kartini Besar
Peran Alex Komang dalam Festival Kartini Besar
A A A
JEPARA - Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyebut peran aktor kawakan Indonesia, Alex Komang dalam Festival Kartini Jepara sangat besar. Bahkan Alex Komang merupakan inisiator gawe tahunan yang digelar di Kabupaten Jepara itu.

Festival Kartini Jepara digelar sejak tahun 2012. Dan April ini, gawe tersebut akan digelar untuk ketiga kalinya. Saat gawe tersebut pertama kali diadakan, berbagai kegiatan digelar.

Mulai dari bedah pemikiran RA Kartini dan relevansinya dengan kehidupan modern, workshop film yang menghadirkan aktris papan atas seperti Yenny Rachman, Yaty Octavia, dan lain sebagainya.

Selain itu, pameran produk-produk andalan asal Jepara yang dirintis oleh RA Kartini seperti ukir-ukiran, mebel, dan batik, juga digelar sebagai perkenalan terhadap generasi muda.

"Pemkab dan masyarakat Jepara sangat kehilangan dengan kepergian Alex Komang. Jasa-jasa baik beliau untuk Jepara besar," kata Ahmad Marzuqi, jelang pemberangkatan jenazah Alex Komang menuju pemakaman di Desa Pecangaan, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (14/2/2015).

Menurut Marzuqi, "warisan" dari Alex Komang akan diteruskan oleh pemkab dan masyarakat Jepara. Salah satu bentuknya adalah dengan terus menggelar Festival Kartini tiap tahunnya.

"Alex Komang ini asli Jepara yang namanya sudah menasional. Kita ingin ada anak-anak Jepara lain yang bisa mengikuti jejaknya," harap Marzuqi.

Sementara itu, aktor kawakan Indonesia, Slamet Rahardjo Djarot yang hadir di rumah duka mengatakan, Alex Komang merupakan salah satu sineas Indonesia yang masih punya sisi idealisme. Sebab, meski sudah tenar, Alex Komang masih mempunyai kepedulian untuk mengangkat dan memberdayakan potensi anak-anak di desa, khususnya di bidang teater dan sinematografi.

"Itu memang salah satu pesan yang diberikan Teguh Karya kepada Alex Komang. Dan ternyata, Alex Komang bisa melakukan itu," jelas salah satu pemeran acara Sentilan Sentilun di salah satu televisi swasta nasional ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)