Lestarikan Lingkungan, Wagub Jabar Gaet Kalangan Agama

Rabu, 03 Desember 2014 - 02:04 WIB
Lestarikan Lingkungan, Wagub Jabar Gaet Kalangan Agama
Lestarikan Lingkungan, Wagub Jabar Gaet Kalangan Agama
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar mengambil langkah khusus dalam usaha pelestarian lingkungan. Dia menggaet para kiai dan ulama se-Jawa Barat.

Nantinya, para kiai dan ulama itu bertugas menyebarkan dakwah soal pentingnya melestarikan dan menjaga lingkungan. Selain itu, mereka juga diharapkan membuat gerakan yang berhubungan dengan lingkungan hidup berbasis partisipasi masyarakat.

"Persoalan lingkungan ini bukan hanya persoalan penegakan hukum semata, tapi bagaimana memberikan pencerahan kepada masyarakat," kata Deddy, usai bertemu kiai dan ulama di Pusdai, Kota Bandung, Selasa (2/12/2014).

Menurutnya, penegakan hukum merupakan alternatif terakhir upaya menjaga dan melestarikan lingkungan. Tapi yang harus dikedepankan adalah kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

"Oleh karena itu, kita minta bantuan ulama dan ormas Islam untuk menyampaikan pentingnya melestarikan lingkungan," ungkapnya.

Secara keseluruhan, dia pun berharap pesantren dan lembaga pendidikan berbasis Islam di Jawa Barat ikut menyadarkan masyarakat. Sehingga menjaga lingkungan dilakukan masyarakat dengan sadar, bukan karena takut hukum.

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Achyar menyatakan, pihaknya mendukung apa yang diinginkan Deddy Mizwar dan Pemprov Jawa Barat. "Tentu kita sambut tapi harus kongkrit dari pihak Pak Wagubnya," cetusnya.

Artinya, para kiai dan ulama meminta Pemprov Jawa Barat juga memberi dukungan nyata. Tidak hanya meminta peran serta mereka, tapi kyai dan ulama juga diberi fasilitas memadai.

"Misalnya tanah wakaf di pesantren, beri sesuatu yang kongkrit, misalnya memberikan bibit atau untuk pemeliharaan," tegasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5705 seconds (0.1#10.140)